Monday 16 December 2019

Kemana Periode Mudaku Melangkah? (5)

adalah generasi yang paling mulia dari seluruh umat sebelumnya Kemana Masa Mudaku Melangkah? (5)1.

Pemuda Islam  berkiprah dalam aneka macam bidang di zaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam

Kiprah mereka, para perjaka Islam, di zaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,tidaklah terbatas pada bidang-bidang keilmuan saja, ibarat pola yang telah disebutkan di atas dan pola lainnya, ibarat sang pemuda, penulis wahyu Allah Al-Qur’an Al-Karim, Ali bin Abi Thalib dan Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhuma. Di samping itu, generasi muda di masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga dipercaya mengemban tugas-tugas besar umat dalam bidang amal. Sebagian mereka dipercaya sebagai komandan pasukan perang Islam, seperti Sa’ad bin Abi Waqqosh radhiyallahu ‘anhu pernah menjadi komandan perang pada umur sekitar 20 tahun lebih.
Demikian pula Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu memegang bendera perang menjadi pemimpin pasukan dikala dia masih berusia sekitar 23 tahun. Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu dipercaya menjadi komandan pasukan, yang beranggotakan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhuma, padahal Usamah ketika itu belum genap 20 tahun2.
***
_______
  1. Asy-Syabab fis Sunnah An-Nabawiyyah, DR. Nafidz Husain dan Walid Al-Gharbawi, hal. 16 dan Mushtholahul Hadits Syaikh Muhammad Sholeh Al-Utsaimin, hal. 41 adalah generasi yang paling mulia dari seluruh umat sebelumnya Kemana Masa Mudaku Melangkah? (5)
  2. Asy-Syabab fis Sunnah An-Nabawiyyah, DR. Nafidz Husain dan Walid Al-Gharbawi, hal. 17-20 adalah generasi yang paling mulia dari seluruh umat sebelumnya Kemana Masa Mudaku Melangkah? (5)
[serialposts]

Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah
Sumber : Muslim.or.id
banner
Previous Post
Next Post