Friday 27 September 2019

Super Komputer Mana Yang Lebih Canggih?

Ada yang tau seberapa cepat super komputer tercepat di dunia ketika ini? Oke, itu ialah bahasan kita hari ini. Jika anda tahu, komputer tercepat ketika ini ialah “Eugenh”. Komputer ini pertama dikenalkan di Jerman pada 22 Februari 2008. untuk ukuran komputer ketika ini dialah yang paling cepat. Dengan 65 ribu prosesor dan bisa menghendel 223 milyar perhitungan dalam satu detik nya.



Dalam pembuatannya komputer ini melibatkan setidaknya 200 tim jago yang ikut serta dalam pembuatannya. Dengan dibuatnya komputer super cepat ini, diperlukan akan mempermudah dan mempercepat perhitungan dalam bidang penelitian. Contohnya ialah ketika para jago akan meneliti sebuah obat baru. Dengan cara konfensional para peneliti berusaha mencari imbas suatu obat melalui uji laboratorium. Namun cara konfensional dinilai sangat menyita waktu alasannya ialah harus melaksanakan satu persatu. Dengan hadirnya komputer ini akan mempermudah dalam memperhitungkan kemungkinan imbas yang timbul alasannya ialah obat tersebut. Hal ini akan sangat membantu dan meningkatkan efisiensi dalam penelitian. Baca juga: 

Bukankah ini sebuah kemajuan teknologi yang luar biasa? Komputer setara 20 ribu PC biasa yang dinyalakan bersama-sama, mempunyai 65 ribu prosesor, dan bisa menghendel 223 milyar hanya dalam satu detik, hampir tidak bisa dibayangkan oleh pikiran insan ketika ini. Namun sebelum meng klaim kehebatan taukah anda mengenai keajaiban?

Jika kita menyelidiki pada hal sederhana semisal serangga. Taruhlah lebah atau serangga lainnya. Serangga juga mempunyai komputer dalam diri mereka yaitu otak. Otak ini yang mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh serangga. Yang ingin saya garis bawahi disini ialah jikalau dibandingkan dengan super komputer buatan manusia, nyamuk masih sangatlah unggul. Baca juga:

Mengapa demikian? Bayangkan saja satu sel otak nyamuk itu setara dengan komputer yang sangat kompleks. Sedangkan dalam otak nyamuk sendiri terdapat ratusan ribu sel yang artinya sama dengan ratusan ribu komputer dengan sistem yang kompleks. Sekarang bandingkan 65.000 prosesor dan lebah atau serangga lainnya yang mempunyai hampir satu juta prosesor.

Selain itu, desain yang ada pada nyamuk menjadikannya jauh lebih istimewa dari super komputer buatan manusia. Apakah otak serangga mengeluarkan bunyi bising ketika beroperasi? Sistem pendingin menyerupai apa yang dipakai untuk menjaga suhu otak ketika bekerja? Jika anda cerdas, coba jawab siapa yang men desain keindahan ini. Siapa yang menciptakan keajaiban ini? Baca juga:

Semakin cerdas kita, semakin berakal kita, maka semakin kita akan menemukan Tuhan. Jika anda belum bisa menemukan tuhan, maka pertanyakan lagi untuk apa bahwasanya otak anda dipakai selama ini. Bukankah sudah sangat faktual bahwa ini ialah sebuah keajaiban dunia. Sayangnya kita sering tidak sadar akan siapa yang mampu menciptakan begitu banyak keajaiban itu. Semoga bermanfaat.
banner
Previous Post
Next Post