Saturday 12 October 2019

Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 30 (Lengkap)

Isi Kandungan Q.S. Al Baqarah Ayat 30 - Surat kedua sehabis Al-Fatihah ialah Al-Baqarah yang mempunyai arti sapi betina, seekor sapi yang harus disembelih sebagai syarat kaum nabi Musa untuk mengetahui pelaku dari kasus pembunuhan. Manusia diutus kebumi sebagai seorang khalifah, apa maksud dari khalifah? Khalifah merupakan pemimpin, dan setiap diri ialah pemimpin. Allah mengutus insan menjadi khalifah sesuai dengan firmanya yang terdapat dalam Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 30.

Dalam Al-Baqarah ayat 30 tersebut allah menceritakan bahwa Allah mengakibatkan insan sebagai seorang khalifah di muka bumi ini, tetapi kemudian para malaikat yang selalu tunduk dan taat kepada Allah bertanya kepada Allah, " Mengapa Engkau hendak mengakibatkan insan itu sebagai khalifah, sementara mereka selalu berperang dan menumpahkan darah?". Sungguh hanya Allah yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.


Kita tahu bahwa bumi tidak hanya ada manusia, tetapi juga ada binatang dan tumbuhan. Di bumi insan diberikan kekuasaan oleh Allah untuk memakai binatang dan flora sebagai sumber makanan, artinya insan memakan hewan, bukan binatang memakan manusia. Walaupun ada sebagian kasus insan dimakan hewan, tapi kan pada pada dasarnya insan lebih berkuasa ketimbang binatang apalagi tumbuhan.

Manusia juga diberi otak untuk mengatur dan mengolah sumber daya alam yang ada, bukan binatang dan bukan juga tumbuhan. Manusia diberi kekuasaan untuk menciptakan hutan atau mengembang biakan binatang dengan seizin Allah.

Ada sebuah negara, didalamnya ada Presiden, Menteri, dewan perwakilan rakyat sampai yang paling bawah ialah pak RT, itu ialah susunan pemerintahan yang ada pada suatu negara. Kemudian didalamnya juga terdapat petani, nelayan, wirausaha, pedagang, bahkan ada pengemis, pelacur, pencuri dll. Semua orang mempunyai peran-peran masing-masing, orang yang mempunyai talenta sebagai seniman jangan dipaksa untuk menjadi Presiden. Yang jadi seniman tetaplah jadi seniman yang sebaik-baiknya, yang jadi guru jadilah guru dengan sebaik-baiknya, jika pedagang ya jadi pedagang yang sebaik-baikya, yang jujur jangan memanipulasi dan lain sebagainya. Semua itu siapa yang mengatur? Allah, yaa. Allah yang menyelipkan talenta pada setiap orang, Allah yang mengakibatkan anda sebagai guru, Allah yang mengakibatkan Anda sebagai Presidan dan lain sebagainya. Intinyaketika orang memerankan kiprahnya di dunia ini, itulah yang disebut khalifah. Maka seorang guru disebut sebagai khalifah, pedagang juga khalifah, ibu rumah tangga khalifah. Kaprikornus siapa yang mengakibatkan anda sebagai khalifah? Jawabannya Allah.

Hal tersebut sesuai dengan firmannya dalam Q.S. Al Baqarah ayat 30, mari kita baca arabnya beserta artinya dibawah ini :

 seekor sapi yang harus disembelih sebagai syarat kaum nabi Musa untuk mengetahui pelaku d Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 30 (Lengkap)
Isi Kandngan Surah Al-Baqarah ayat 30

 Isi Kandungan Surah AL - BAQARAH Ayat 30

1. Allah mengakibatkan insan sebagai khalifah di muka bumi ini.
2. Allah ialah Tuhan Yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
3. Malaikan bertanya kepada Allah mengapa Allah mengakibatkan insan sebagai khalifah dimuka bumi ini, padahal insan ialah makhluk yang sering menumpahkan darah dan menciptakan kerusakan.
4. Malaikan ialah ciptaan Allah yang senantiasa bertasbih dengan memuliakan dan mensucikan Allah.
5. Allah lah yang mengatur semua urusan di muka bumi ini, termasuk manusianya. Dan setiap insan ialah khalifah. 


Kurang lebih kelima hal diatas adala isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. Al Baqarah ayat 30. Semoga sanggup bermanfaat, jangan lupa share yaa.
banner
Previous Post
Next Post