Saturday 12 October 2019

Penjelasan Isi Kandungan Surah Az - Zariyat Ayat 56

Penjelasan Isi Kandungan Surah Az-Zariat merupakan surah yang ke-51 di dalam mushaf Al-Qur'an, dan mempunyai arti "Angin yang menerbankan", surah ini termasuk dalam golongan surat makkiyah alasannya diturunkan sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Surah ini terdiri dari 60 ayat. Dalam ayat tersebut Allah memberikan bahwa maksud Allah membuat insan di muka bumi ini ialah untuk mengabdi atau beribadah kepada Allah swt. Ini hubungannya dengan tujuan insan diciptakan, yang nantinya juga berkaitan dengan tujuan masing-masing setiap manusia.

Baca juga : Isi kandungan al-mu'minun ayat 12 - 14

Anda hidup di dunia ini niscaya mempunyai tujuan bukan? Kalau Allah membuat kita semua biar kita mengabdi, kemudian jikalau kita tujuan hidup ini untuk apa? Tapi ingat satu hal, jadikan artikel ini sebagai wawasan saja, alasannya apa? Karena ..
Karena saya buka apa-apa, bukan siapa-siapa.
Sebelumnya mari kita baca Al-Qur'an surat Az-Zariyat ayat 56 berikut ini beserta dengan artinya :
 surah ini termasuk dalam golongan surat makkiyah alasannya diturunkan sebelum Nabi Muhammad  Penjelasan Isi Kandungan Surah Az - Zariyat ayat 56
Surah Az-Zariat ayat 56
Dalam ayat tersebut Allah berfirman bahwa Allah membuat jin dan insan dengan tujuan untuk mengabdi/beribadah kepada Allah. Bila kita diciptakan untuk mengabdi, maka kita harus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berafiliasi dengan ibadah kepada Allah. Manusia diberi nalar dan kekuasaan untuk mengatur dirinya sendiri. Kaprikornus semua perbuatan ialah kita yang mengatur, biar bernilai ibadah maka semua perbuatan harus didasarkan pada niat alasannya Allah.

Dan jikalau kita perjelas lagi, semua yang ada di dunia ini niscaya berafiliasi dengan Allah. Ada kah satu saja yang tidak berafiliasi dengan Allah?? Tidakk ada kan.

Kita diciptakan untuk beribadah, maka dari itu tujuan utama kita juga harus Allah. Kita mencari dunia untuk akhirat, bekerjsama kita nyari alam abadi pun otomatis dunia akan kita dapat.

 “Barang siapa yang menghendaki laba di alam abadi akan Kami tambah laba itu baginya dan barang siapa yang menghendaki laba di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari laba dunia dan tidak ada baginya suatu senang pun di akhirat.” (QS. Asy-Syura: 20)

Kita sanggup melihat dari Q.S. Asy-Syuro ayat 20 di atas, bila kita gunakan hidup kita untuk Allah, untuk urusan alam abadi maka dunia akan mengikuti. Bagaimana biar urusan kita dunia terpaku pada Allah. Niatkan semua alasannya Allah, jikalau bekerja ya niatkan alasannya Allah untuk menghidupi anak dan istri, dan semua acara kita niatkan alasannya Allah, alasannya semua kegiatas niscaya ada hubungannya dengan Allah.

Baca juga : Isi Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 30
banner
Previous Post
Next Post