Thursday 12 March 2020

Hadits - Berbuat Baik Dalam Segala Perbuatan

عَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّادِ بنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (إِنَّ اللهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ. فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا القِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ) – رواه مسلم

Terjemahan:

Dari Abu Ya’la, Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ia telah bersabda : “ Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik pada segala hal, maka jikalau kau membunuh hendaklah membunuh dengan cara yang baik dan jikalau kau menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah menajamkan pisau dan menyenangkan binatang yang disembelihnya”.
[Muslim no. 1955]

Penjelasan:

Kalimat “hendaklah membunuh dengan cara yang baik” berlaku umum meliputi menyembelih, membunuh dalam Qishash, ataupun eksekusi pidana lainnya. Hadits ini termasuk salah satu Hadits yang mengandung banyak sekali macam prinsip atau kaidah. Membunuh dengan cara yang baik itu yaitu membunuh tanpa sedikit pun unsur penganiayaan atau penyiksaan. Menyembelih dengan cara yang baik yaitu menyembelih binatang dengan lemah lembut, tidak merebahkannya ketanah dengan keras dan juga tidak menyeretnya, menghadapkannya ke kiblat, membaca basmalah dan hamdalah, memotong urat nadi lehernya dan membiarkannya hingga mati gres dikuliti, mengakui nikmat dan mensyukuri derma Allah, alasannya Allah telah menundukkannya kepada kita, padahal Dia berkuasa untuk menjadikannya sebagai musuh kita dan telah menghalalkan dagingnya untuk kita, padahal Dia berkuasa untuk mengharamkannya.
banner
Previous Post
Next Post