Wednesday 9 October 2019

Terjemahan Dan Isi Kandungan Quran Surat At-Tin Ayat 1 - 8

Terjemahan dan Isi Kandungan Qur'an Surat At-Tin ayat 1 - 8 - Pada siang hari ini akan membahas perihal terjemahan/arti dan juga isi kandungan atau isi pokok Q.S. At-Tin ayat 1 - 8. Surat At-Tin dalam Al-Qur'an yaitu surat yang ke 95. Surat yang tergolong dalam surat Makkiyah ini mempunyai jumlah ayat yaitu 8 ayat, dan juga surat ini diturunkan setelah Surat Al-Buruj. Nama surat ini diambil dari kata wattini yang terdapat pada ayat pertama, yang mempunyai arti buah tin.

Ini merupakan bahan Pendidikan Agama Islam kelas 9 Semester 1. Semoga sanggup bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog kita punya ini. Jangan lupa setelah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya :

Terjemahan/Arti Alquran Surat At-Tin ayat 1 - 8

Berikut ini merupakan terjemahan atau arti dari QS. At-Tin ayat 1 - 8, Allah swt berfirman yang artinya :
95:1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, 
95:2. dan demi bukit Sinai, 
95:3. dan demi kota (Mekah) ini yang aman, 
95:4. bekerjsama Kami telah membuat insan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. 
95:5. Kemudian Kami kembalikan ia ke kawasan yang serendah-rendahnya (neraka), 
95:6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. 
95:7. Maka apakah yang menjadikan kau mendustakan (hari) pembalasan sehabis (adanya keterangan-keterangan) itu? 
95:8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?
 Pada siang hari ini  akan membahas perihal terjemahan Terjemahan dan Isi Kandungan Alquran Surat At-Tin ayat 1 - 8
Terjemahan dan Isi Kandungan Alquran Surat At-Tin ayat 1 - 8

Isi pokok atau Isi kandungan Q.S. At-Tin ayat 1 - 8

  1. Pada ayat 1 - 3 Allah bersumpah dengan Buah Tin dan Buah Ziatun. Kemudian Allah swt juga bersumpah dengan kawasan yang suci yaitu kota (mekkah) dan bukit sinai. 
  2. Penjelasan perihal Tin berdasarkan sebagian hebat tafsir yaitu kawasan tinggal Nabi Nuh a.s, yaitu Damaskus yang mana di Damaskus banyak tumbuh pohon Tin; dan Zaitun ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh pohon Zaitun. Allah swt bersumpah kedua pohon itu (pohon tin dan pohon zaitun) alasannya kita sanggup menemukan banyak sekali macam manfaat dari kedua pohon tersebut, selain itu juga alasannya kedua phon tersebut banyak tumbuh di negeri Syam; yang merupakan negeri kawasan kenabian Nabi Isa a.s.
  3. Bukit Sinai yaitu kawasan Nabi Musa  a.s pada ketika mendapatkan wahyu dari-Nya, di buki ini juga Nabi Musa a.s berbicara dengan Allah swt. Kata Sinin mempunyai arti sesuatu yang diberkahi atau indah alasannya pohon-pohon yang banyak buahnya.
  4. Pada ayat ke tiga Allah swt bersumpah dengan Kota Mekkah. Di mana kota Makkah ini merupakan kawasan yang suci dan merupakan negeri kawasan kenabian Nabi Muhamad SAW. Allah swt telah bersumpah dengan tempat-tempat yang sangat mulia, alasannya itu pesan yang disampaikan juga sangat penting. Isi sumpah atau pesannya yaitu yang ada pada ayat berikutnya.
  5. Pada ayat yang ke 4, Allah swt menegaskan bahwa Allah swt telah menciptkan insan dengan bentuk yang paling baik, dan Allah swt yaitu sebaik-baik pencipta (Al-Khaliq = Maha Pencipta).
  6. Selanjutnya pada ayat ke 5, Allah swt kembali menegaskan bahwa Allah swt akan memasukkan insan ke dalam neraka apabila mereka tidak beriman dan tidak bersedekah shalih.
  7. Sebaliknya pada ayat ke 6, Allah swt akan menunjukkan pahala dan jawaban yang tiada putus-putusnya kepada mereka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal kebaikan atau amal shalih, serta memasukkannya ke dalam Surga.
  8. Manusia akan mencapai puncak tertinggi apabila ada keseimbangan antara roh dan jasmani.
  9. Tidak ada alasan bagi insan untuk mendustakan hari pembalasan sehabis tiba keterangan-keterangan dari Allah swt Yang Mahabijaksana.
  10. Allah juga akan memasukkan ke daalam neraka orang-orang yang mendustakan hari pembalasan.
  11. Surat At-Tin menyatakan bahwa Allah swt betul-betul menciptkan manusia, sebagai khalifah di mukan bumi ini dengan bentuk yang sebaik-baiknya apabila dibandingkan dengan makhluk yang lain.
  12. Manusia yang berbuat amal shalih dan beriman maka akan mendapatkan pahala dan kebaikan di dunia dan di akhirat.
banner
Previous Post
Next Post