Saturday 28 September 2019

Fenomena Blue Moon Bukan Hanya Nama


Fenomena Blue Moon Bukan Hanya Nama

Apa itu fenomena blue moon ? Blue moon atau yang berarti bulan biru ialah sebuah istilah untuk menyampaikan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Fenomena blue moon ini termasuk fenomena yang cukup langka lantaran tidak setiap tahun terjadi. Blue moon biasanya terjadi sekitar dua setengah tahun sekali. Hal ini disebabkan lantaran perhitungan tahun berdasar matahari dan berdasar bulan mempunyai selisih hari. Pada kalender masehi terdapat 365 hari sedangkan pada kalender bulan hanya 354 hari. Baca juga:


Namun taukah anda bahwa istilah blue moon bukan hanya sekedar istilah. Kenyataannya fenomena dimana bulan terlihat kebiruan memang pernah benar – benar terjadi beberapa kali. Setidaknya dari sumber yang aku sanggup fenomena bulan biru pernah terjadi pada tahun 1980, 1983, 1992, dan 2011.

Pada tahun 1992, Astronom Ma'rufin Sudibyo menyampaikan bahwa telah terjadi fenomena dimana bulan tampak berwarna kebiruan pada ketika gerhana bulan 9 Desember 1992. Sebagian cakram bulan terlihat kebiruan selama potongan yang lain tampak gelap bukan kemerahan menyerupai biasanya. Fenomena ini merupakan akhir dari letusan Gunung Pinatubo.

NASA menyebutkan bahwa bulan sanggup tampak biru lantaran adanya partikel yang lebih besar dari panjang gelombang warna merah. Dan pertikel tersebut sanggup berasal dari letusan gunung. Baca juga:

Faktanya fenomena bulan tampak biru pernah terjadi bukan hanya ketika gerhana matahari melainkan setiap hari. Bulan tampak biru setiap hari selama bertahun tahun sesudah letusan, entah sabit, separuh atau purnama. Fenomena ini teradi pada tahun 1883 sesudah letusan gunung krakatau.  Debu letusan krakatau mengotori atmosfer dan mengakibatkan cahaya putih yang biasanya tampak tampak biru.

Saat letusan Gunung St. Helen tahun 1980 dan letusan Gunung El Chicon tahun 1983 fenomena bulan tampak biru juga terjadi.Fenomena blue moon di dunia konkret memang cukup langka. Jika anda mempunyai informasi mengenai fenomena bulan biru yang belum aku sebutkan, anda sanggup beritahukan melalui kolom komentar di bawah ini.
banner
Previous Post
Next Post