Wednesday 9 October 2019

Ayat Al-Qur'an Perihal Taubat Kepada Allah

Setiap diri pasti mempunyai dosa dan kekhilafan, dan setiap hari-harinya kita harus bertaubat meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang kita miliki. Seperti dikala kita berbuat salah kepada orang lain, maka kita harus meminta maaf.

Rasulullah SAW yang maksum (disucikan dari dosa) saja beristigfar memohon ampun sebanyak 100 kali setiap harinya. Kita yang mempunyai banyak dosa ini, mungkin masih sanggup dihitung berapa kali sehari kita beristigfar.

Taubat selain beristigfar juga sanggup dengan doa-doa ibarat yang dicontohkan oleh para Nabi ibarat Nabi Adam, Nabi Yunus dan lain sebagainya. 

Ayat Al-Qur'an perihal Taubat
S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:128. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

S U R A T   A L - A N F A A L

8:33. Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kau berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.

S U R A T   H U U D

11:3. dan hendaklah kau meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), pasti Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu hingga kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kau berpaling, maka sesungguhnya saya takut kau akan ditimpa siksa hari kiamat.

S U R A T   M A R Y A M

19:47. Berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, saya akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.

S U R A T   A L - F U R Q A A N
Setiap diri pasti mempunyai dosa dan kekhilafan Ayat Al-Qur'an perihal Taubat Kepada Allah
taubat


25:71. Dan orang yang bertobat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya beliau bertobat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

S U R A T   A N - N A M L

27:46. Dia berkata: "Hai kaumku mengapa kau minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan?  Hendaklah kau meminta ampun kepada Allah, semoga kau menerima rahmat".

S U R A T   S H A A D

38:24. Daud berkata: "Sesungguhnya beliau telah berbuat lalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat lalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini". Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya kemudian menyungkur sujud dan bertobat.

38:34. Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai badan (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat.

S U R A T   A T   T A H R I M

66:8. Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kau akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kau ke dalam nirwana yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari dikala Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:37. Kemudian Adam mendapatkan beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah mendapatkan tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

2:54. Dan (ingatlah), dikala Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya kau telah menganiaya dirimu sendiri karena kau telah mengakibatkan anak lembu (sembahanmu), maka bertobatlah kepada Tuhan yang mengakibatkan kau dan bunuhlah dirimu. Hal itu ialah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang mengakibatkan kamu; maka Allah akan mendapatkan tobatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang."

2:128. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

2:160. kecuali mereka yang telah tobat dan mengadakan perbaikan dan mengambarkan (kebenaran), maka terhadap mereka itu Aku mendapatkan tobatnya dan Akulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

2:222. Mereka bertanya kepadamu perihal haid. Katakanlah: "Haid itu ialah kotoran". Oleh karena itu hendaklah kau menjauhkan diri dari perempuan di waktu haid; dan janganlah kau mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di daerah yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.

2:279. Maka jikalau kau tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jikalau kau bertobat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kau tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

S U R A T   A L - I M R O N

3:89. kecuali orang-orang yang tobat, setelah (kafir) itu dan mengadakan perbaikan. Karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

3:90. Sesungguhnya orang-orang kafir setelah beriman, kemudian bertambah kekafirannya, sekali-kali tidak akan diterima tobatnya; dan mereka itulah orang-orang yang sesat.

3:128. Tak ada sedikit pun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah mendapatkan tobat mereka, atau mengazab mereka, karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang lalim.

S U R A T   A N - N I S A '

4:16. Dan terhadap dua orang yang melaksanakan perbuatan keji di antara kamu, maka berilah eksekusi kepada keduanya, kemudian jikalau keduanya bertobat dan memperbaiki diri, maka biarkanlah mereka. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

4:17. Sesungguhnya tobat di sisi Allah hanyalah tobat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan karena kejahilan, yang kemudian mereka bertobat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah tobatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

4:18. Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila tiba maut kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: "Sesungguhnya saya bertobat sekarang" Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.

4:26. Allah hendak mengambarkan (hukum syariat-Nya) kepadamu, dan menunjukimu kepada jalan-jalan orang yang sebelum kau (para nabi dan salihin) dan (hendak) mendapatkan tobatmu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

4:27. Dan Allah hendak mendapatkan tobatmu, sedang orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya bermaksud supaya kau berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran).

4:64. Dan kami tidak mengutus seseorang rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah.  Sesungguhnya jikalau mereka dikala menganiaya dirinya tiba kepadamu, kemudian memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

4:92. Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja), dan barang siapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jikalau mereka (keluarga terbunuh) bersedekah.  Jika ia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal ia mukmin, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba-sahaya yang mukmin. Dan jikalau ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang mukmin. Barang siapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara tobat kepada Allah. Dan ialah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

4:146. Kecuali orang-orang yang tobat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus tulus (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu ialah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memperlihatkan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.

S U R A T   A L - M A A I D A H

5:34. kecuali orang-orang yang tobat (di antara mereka) sebelum kau sanggup menguasai (menangkap) mereka; maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

5:39. Maka barang siapa bertobat (di antara pencuri-pencuri itu) setelah melaksanakan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah mendapatkan tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

5:71. Dan mereka menerka bahwa tidak akan terjadi suatu peristiwa pun (terhadap mereka dengan membunuh nabi-nabi itu), maka (karena itu) mereka menjadi buta dan pekak, kemudian Allah mendapatkan tobat mereka, kemudian kebanyakan dari mereka buta dan tuli (lagi).  Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.

5:74. Maka mengapa mereka tidak bertobat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:54. Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu tiba kepadamu, maka katakanlah: "Salaamun-alaikum. Tuhanmu telah memutuskan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kau karena kejahilan, kemudian ia bertobat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

S U R A T   A L - A ' R A F

7:143. Dan tatkala Musa tiba untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku semoga saya sanggup melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jikalau ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) pasti kau sanggup melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan.  Maka setelah Musa sadar kembali, beliau berkata: "Maha Suci Engkau, saya bertobat kepada Engkau dan saya orang yang pertama-tama beriman".

7:153. Orang-orang yang mengerjakan kejahatan, kemudian bertobat setelah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan kamu, setelah tobat yang disertai dengan iktikad itu ialah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

7:155. Dan Musa menentukan tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka dikala mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: "Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan saya sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang logika di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya".

7:156. Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertobat) kepada Engkau. Allah berfirman: "Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku mencakup segala sesuatu. Maka akan Aku menetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami".

S U R A T   A T - T A U B A H

9:3. Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat insan pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin. Kemudian jikalau kau (kaum musyrikin) bertobat, maka bertobat itu lebih baik bagimu; dan jikalau kau berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kau tidak sanggup melemahkan Allah.  Dan beritakanlah kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.

9:5. Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kau jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di daerah pengintaian. Jika mereka bertobat dan mendirikan salat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

9:11. Jika mereka bertobat, mendirikan salat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) ialah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.

9:15. dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin. Dan Allah mendapatkan tobat orang yang dikehendaki-Nya. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

9:27. Sesudah itu Allah mendapatkan tobat dari orang-orang yang dikehendaki-Nya. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

9:66. Tidak usah kau minta maaf, karena kau kafir setelah beriman. Jika Kami memaafkan segolongan daripada kau (lantaran mereka tobat), pasti Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka ialah orang-orang yang selalu berbuat dosa.

9:74. Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak menyampaikan (sesuatu yang menyakitimu). Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan mengingini apa yang mereka tidak sanggup mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jikalau mereka bertobat, itu ialah lebih baik bagi mereka, dan jikalau mereka berpaling, pasti Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi.

9:102. Dan (ada pula) orang-orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka mencampur baurkan pekerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk.  Mudah-mudahan Allah mendapatkan tobat mereka.  Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

9:104. Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah mendapatkan tobat dari hamba-hamba-Nya dan mendapatkan zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang?

9:106. Dan ada (pula) orang-orang lain yang ditangguhkan hingga ada keputusan Allah; adakalanya Allah akan mengazab mereka dan adakalanya Allah akan mendapatkan tobat mereka. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

9:112. Mereka itu ialah orang-orang yang bertobat, yang beribadah, yang memuji (Allah), yang melawat, yang rukuk, yang sujud, yang menyuruh berbuat makruf dan mencegah berbuat mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.

9:117. Sesungguhnya Allah telah mendapatkan tobat Nabi, orang-orang muhajirin dan orang-orang Ansar, yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan, setelah hati segolongan dari mereka hampir berpaling, kemudian Allah mendapatkan tobat mereka itu.  Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka,

9:118. dan terhadap tiga orang yang ditangguhkan (penerimaan tobat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa mereka pun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada daerah lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah mendapatkan tobat mereka semoga mereka tetap dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

9:126. Dan tidakkah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, kemudian mereka tidak (juga) bertobat dan tidak (pula) mengambil pengajaran?

S U R A T   H U U D

11:3. dan hendaklah kau meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), pasti Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu hingga kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kau berpaling, maka sesungguhnya saya takut kau akan ditimpa siksa hari kiamat.

11:52. Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya, pasti Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kau berpaling dengan berbuat dosa."

11:61. Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Saleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah membuat kau dari bumi (tanah) dan mengakibatkan kau pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya.  Sesungguhnya Tuhanku amat erat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."

11:90. Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.

11:112. Maka tetaplah kau pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah tobat beserta kau dan janganlah kau melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kau kerjakan.

S U R A T   A R - R A ' D U

13:27. Orang-orang kafir berkata: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mukjizat) dari Tuhannya?" Katakanlah: "Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan menunjuki orang-orang yang bertobat kepada Nya",

13:30. Demikianlah, Kami telah mengutus kau pada suatu umat yang sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumnya, supaya kau membacakan kepada mereka (Al Qur'an) yang Kami wahyukan kepadamu, padahal mereka kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Katakanlah: Dialah Tuhanku tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; hanya kepada-Nya saya bertawakal dan hanya kepada-Nya saya bertobat".

S U R A T   A L - N A H L

16:119. Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat setelah itu dan memperbaiki (dirinya); sesungguhnya Tuhanmu setelah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

S U R A T   A L - I S R A '

17:25. Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jikalau kau orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertobat.

S U R A T   M A R Y A M

19:60. kecuali orang yang bertobat, beriman dan berinfak saleh, maka mereka itu akan masuk nirwana dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.

S U R A T   T H A H A

20:82. Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, berinfak saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.

20:122. Kemudian Tuhannya memilihnya maka Dia mendapatkan tobatnya dan memberinya petunjuk.

S U R A T   A N - N U U R

24:5. kecuali orang-orang yang bertobat setelah itu dan memperbaiki (dirinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

24:10. Dan andai kata tidak ada karunia Allah dan rahmat-Nya atas dirimu dan (andai kata) Allah bukan Penerima Tobat lagi Maha Bijaksana, (niscaya kau akan mengalami kesulitan-kesulitan).

24:31. Katakanlah kepada perempuan yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara pria mereka, atau putra-putra saudara pria mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan pria yang tidak mempunyai harapan (terhadap wanita) atau bawah umur yang belum mengerti perihal aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya semoga diketahui embel-embel yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kau sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kau beruntung.

S U R A T   A L - F U R Q A A N

25:70. kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan ialah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

25:71. Dan orang yang bertobat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya beliau bertobat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

S U R A T   A L - Q A S H A S H

28:67. Adapun orang yang bertobat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga beliau termasuk orang-orang yang beruntung.

S U R A T   A R - R U U M

30:31. dengan kembali bertobat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah salat dan janganlah kau termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,

30:33. Dan apabila insan disentuh oleh suatu bahaya, mereka menyeru Tuhannya dengan kembali bertobat kepada-Nya, kemudian apabila Tuhan mencicipi kepada mereka barang sedikit rahmat daripada-Nya, tiba-tiba sebahagian daripada mereka mempersekutukan Tuhannya,

30:57. Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang lalim undangan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertobat lagi.

S U R A T   A L - A H Z A B

33:24. supaya Allah memperlihatkan tanggapan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jikalau dikehendaki-Nya, atau mendapatkan tobat mereka. Sesungguhnya Allah ialah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

33:73. sehingga Allah mengazab orang-orang munafik pria dan perempuan dan orang-orang musyrikin pria dan perempuan; dan sehingga Allah mendapatkan tobat orang-orang mukmin pria dan perempuan. Dan ialah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

S U R A T   S H A A D

38:24. Daud berkata: "Sesungguhnya beliau telah berbuat lalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat lalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini". Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya kemudian menyungkur sujud dan bertobat.

S U R A T   A L - M U ' M I N

40:3. Yang Mengampuni dosa dan Menerima tobat lagi keras hukuman-Nya; Yang mempunyai karunia. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Hanya kepada-Nya lah kembali (semua makhluk).

40:7. (Malaikat-malaikat) yang memikul Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau mencakup segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,

S U R A T   A S Y - S Y U U R A

42:25. Dan Dialah yang mendapatkan tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kau kerjakan,

S U R A T   A L - J A T S I Y A H

45:35. Yang demikian itu, karena sesungguhnya kau mengakibatkan ayat-ayat Allah sebagai usikan dan kau telah ditipu oleh kehidupan dunia, maka pada hari ini mereka tidak dikeluarkan dari neraka dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk bertobat.

S U R A T   A L - A H Q A A F

46:15. Kami perintahkan kepada insan supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya hingga menyapihnya ialah tiga puluh bulan, sehingga apabila beliau telah sampaumur dan umurnya hingga empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah saya untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya saya sanggup berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya saya bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya saya termasuk orang-orang yang berserah diri".

46:27. Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan negeri-negeri di sekitarmu dan Kami telah mendatangkan gejala kebesaran Kami berulang-ulang supaya mereka kembali (bertobat).

S U R A T   A L - H U J U R A T

49:11. Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok) dan janganlah kau mencela dirimu sendiri dan janganlah kau panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk.  Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang jelek setelah iktikad dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.

49:12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu ialah dosa dan janganlah kau mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kau menggunjing sebahagian yang lain.  Sukakah salah seorang di antara kau memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kau merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

S U R A T   Q A A F

50:33. (Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan beliau tiba dengan hati yang bertobat,

S U R A T   A L - M U J A D I L A H

58:13. Apakah kau takut akan (menjadi miskin) karena kau memperlihatkan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul? Maka jikalau kau tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi tobat kepadamu maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kau kerjakan.

S U R A T   A L - M U M T A H A N A H

60:4. Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; dikala mereka berkata kepada kaum mereka: Sesungguhnya kami berlepas diri dari kau dan dari apa yang kau sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran) mu dan telah kasatmata antara kami dan kau permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya hingga kau beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya saya akan memohonkan ampunan bagi kau dan saya tiada sanggup menolak sesuatu pun dari kau (siksaan) Allah".  (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,

S U R A T   A T   T A H R I M

66:4. Jika kau berdua bertobat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kau berdua telah condong (untuk mendapatkan kebaikan); dan jikalau kau berdua bersama-sama menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah ialah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat ialah penolongnya pula.

66:5. Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertobat, yang mengerjakan ibadah, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan.

66:8. Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kau akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kau ke dalam nirwana yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari dikala Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

S U R A T   A L - B U R U J

85:10. Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang yang mukmin pria dan perempuan kemudian mereka tidak bertobat, maka bagi mereka azab Jahanam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar.

S U R A T   A N - N A S H R

110:3. maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia ialah Maha Penerima tobat.
Ayat Al-Qur'an perihal Taubat
Artikel Sebelumnya : 

banner
Previous Post
Next Post