Tuesday 15 October 2019

Ayat Al-Quran Wacana Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin

Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin - Islam merupakan agama yang sempurna, sehingga dalam agama Islam hal-hal yang kecil juga sangat diperhatikan. Termasuk moral ketika mask kedalam rumah orang lain. Seringkali saya menemui banyak tetangga saya yang masuk kerumah saya tanpa ijin. Padahal dalam Islam masuk rumah orang lain tanpa meminta ijin terlebih dahulu, merupakan perbuatan yang tidak diperbolehkan. Selain kita tidak diperbolehkan masuk kedalam rumah, sebelum mendapat ijin. Kita juga diperintahkan untuk mengucapkan salam. Salam yang dimaksud ialah ucapan salam menyerupai biasanya "Assalaamu'alaikum warrahmatullaahi wabaaraakatuh" yang memiliki arti kesejahteraan, rahmat dan berkah Allah swmoga dilimpahkan kepadamu.

Al-Quran yang membahas perihal ini terdapat dalam Q.S. An Nuur ayat 27, Allah swt berfirman yang artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kau memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.
Dalam ayat ini Allah swt menyeru kepada orang-orang yang beriman, isi kandungan ayat ini ialah larangan memasuki rumah yang bukan rumah kita sebelum meminta izin. Ini berlaku pada semua rumah yang bukan milik kita, rumah tetangga, rumah saudara, rumah pak RT, rumah pak RW dan lain sebagainya. Kita gres boleh masuk sesudah mendapat ijin. Akan tetapi apabila memang kita sudah diberikan kebebasan dari pemilik rumah untuk keluar masuk, misal rumah saudara dll. Maka itu diperbolehkan, alasannya bekerjsama kita sudah mendapat ijin jauh-jauh hari.

Masuk rumah tanpa ijin juga sanggup mendatangkan fitnah, fitnah yang dimaksud menyerupai dikira mencuri, dikira membahayakan dan lain sebagainya. Maling juga tidak pernah meminta ijin sebelum beliau bertindak mencuri, anda sanggup saja dikira maling jikalau masuk rumah tanpa ijin terlebih dahulu. Makara jangan lupa izin terlebih dahulu ya.

Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin
Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Ijin

Ini juga berlaku apabila dalam keadaan darurat, misal saja ketika terjadi kebakaran. Maka kita diperbolehkan untuk masuk ke rumah tetangga dalam ranka menolong mereka yang terjebak di dalam kebarakan. Keadaan darurat yang dimaksud misalnya, terjadinya kebakaran sementara ada anak kecil yang berada di dalam rumah, maka kita boleh masuk kedalam rumah tersebut walaupun belum mendapat izin dari pemilik rumah. Bila kita tidak masuk dan menolong korban tersebut, sanggup jadi malah kehilangan nyawa.


Selain meminta izin sebelum memasuki rumah orang yang belum kita kenal, dalam ayat ini juga dijelaskan mengenai mengucapkan salam sebelum memasuki rumah. Tradisi mengucapkan salam setiap keluar masuk rumah, usang kelamaan semakin berkurang yang mengamalkan. Termasuk yang menulis artikel ini pun sering lupa dalam mengucapkan salam ketika keluar masuk rumah. Bisa jadi suatu dikala tidak ada yang mengucapkan salam lagi. (wuih,, gejala kiamat, wkwk).

Salam intinya ialah doa, dengan mengucapkan salam bekerjsama kita saling mendoakan satu sama lain. Yaitu berdoa biar semoga diberi kesejahteraan, rahmat dan berkah Allah swt. Sebelum memasuki rumah orang lain, kia harus mengucapkan salam terlebih dahulu. Setelah dijawab dan diperbolehkan masuk kedalam rumah, gres kita boleh masuk. 

Bila kita dalam mengucapkan salam lebih dari 3 kali, dan belum ada jawaban. Mungkin pengguna rumah tersebut sedang pergi atau ada urusan, maka silahkan tiba kerumah tersebut lain waktu, atau sanggup menghubunginya via sms/telepon.

banner
Previous Post
Next Post