Tuesday 15 October 2019

Kma Mesir Adakan Training Mawaris Dan Tajhiz Mayyit

Ustaz Muhammad Ziaul Haq memberikan bahan tajhiz mayyit. (Foto: Dok. KMA Mesir)


Kmamesir.org. (7/11/2018). Departemen Pendidikan menyelenggarakan Pelatihan Mawaris dan Tajhiz Mayyit, Rabu (7/11). Pelatihan ini akan berlangsung selama selama empat hari, terhitung dari tanggal 7-10 November 2018 yang bertempat di Meuligoe KMA.

Acara pembukaan dimulai ba'da Zuhur, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia

“Pelatihan ini memang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan KMA Mesir. Namun, kali ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, alasannya yaitu kami menggabungkan training mawaris plus tajhiz mayyit ke dalam satu paket komplit, mengingat dua hal ini merupakan hal penting untuk kita pelajari,” ujar Tgk. Novian Nuzul Faza, selaku ketua panitia.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian, satu hari pertama untuk tajhiz mayyit (tata cara pengurusan jenazah), yang diisi oleh Ust. Muhammad Ziaul Haq, Lc dan tiga hari berikutnya akan dilanjutkan dengan training mawaris yang akan disampaikan oleh Tgk. Muhammad Diah, Lc.


Ustaz Ziaul Haq memaparkan beberapa cerita menyangkut hal-hal yang menjadi pola adanya tajhiz mayyit yang memang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw. serta aturan tajhiz mayyit itu sendiri, yaitu fardu kifayah. Dalam training ini, Ustaz Ziaul Haq pribadi mempraktikkan proses tajhiz mayyit. Mulai dari memandikan, mengafani, tata cara salat jenazah, serta cara peletakan mayit di liang kubur.

Ustaz Ziaul Haq menjelaskan tata cara mengafani jenazah. (Foto: Dok. KMA Mesir)

Acara training ini disambut cukup antusias oleh para akseptor yang juga merupakan warga KMA.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami. Menambah pengetahuan juga sebagai bekal bagi kami dikala pulang ke tanah air kelak. Seperti kata ketua panitia di dalam sambutannya (tadi), sebelum berguru ilmu membuatkan warisan, pelajari dulu hak-hak bagi orang yang meninggalkan warisan tersebut,” tutur Mira salah seorang akseptor training tajhiz mayyit hari ini.

Di selesai acara, panitia juga mempersiapkan beberapa doorprize bagi akseptor yang sanggup menjawab kuis yang diberikan oleh pemateri. Panitia sangat berharap biar para akseptor tetap istiqamah mengikuti training ini hingga akhir.[]

Fanny Putri Afsyalia
banner
Previous Post
Next Post