Monday 7 October 2019

Contoh Sikap Tawakal Dan Pesan Yang Tersirat Tawakal

ki-tapunya.blogspot.com - Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal - Sebelumnya kami sudah membahas perihal pengertian tawakal, maka dari itu yang belum yaitu pola dan pesan tersirat berperilaku tawakal. Sebelumnya artikel ini diterbitkan juga sudah kami tulis perihal pengertian, pola dan pesan tersirat sikap zuhud. Oke, pribadi saja berikut ini kami jelaskan perihal tawakal.

Pengertian tawakal

Definisi dari tawakal yaitu sikap berserah diri kepada Allah swt sesudah melaksanakan perjuangan dan ikhtiar secara maksimal, kemudian sanggup mendapatkan dengan tulus segala ketentuan Allah swt terhadapnya.

Seseorang yang mempunyai sikap tawakal akan senantiasa bersyukur kepada Allah swt apabila mendapatkan kesuksesan atau keberhasilan dari hasil ikhtiar atau usahanya. Ini disebabkan lantaran dirinya menyadari bahwa kesuksesan itu yaitu kehendak dan izin Allah swt. 

Sebaliknya apabila ia mengalami kegagalan, orang yang mempunyai sikap tawakal akan merasa tulus dan ridha serta mendapatkan keadaan tersebut tanpa merasa frustasi dan larut dalam kesedihan lantaran ia menyadari bahwa segala keputusan Allah swt pastilah yang terbaik.

Orang yang bertawakal kepada Allah swt tidak berarti harus meninggalkan perjuangan dan ikhtiarnya. Usaha dan ikhtiar harus tetap dilakukan, sedangkan keputusan terakhir diserahkan kepada Allah swt. Allah swt berfirman dalam Alquran surat At Talaq ayat 3 yang artinya :

Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, pasti akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Berdasarkan tingkatannya, tawakal sanggup dibagi menjadi beberapa tingkatan, di antaranya yaitu sebagai berikut :
Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal
Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal
  1. Tawakkalul wakil, artinya tawakalnya seseorang yang hatinya merasa tenteram terhadap pertolongan Allah swt. Tawakal menyerupai itu yaitu tawakalnya orang mukmin biasa di mana seseorang akan mempercayakannya kepada Allah swt, lantaran ia telah yakin bahwa Allah swt merasa belas kasihan kepadanya.
  2. Tawakkalut taslim, artinya tawakalnya seseorang yang telah merasa cukup menyerahkan urusannya hanya kepada Allah swt, lantaran ia yakin bahwa Allah swt telah mengetahui keadaan dirinya. Artinya, seseorang sudah tidak lagi membutuhkan sesuatu selain hanya kepada Allah swt. Tingkatan tawakal menyerupai ini yaitu tawakalnya pada nabi dan wali.

Contoh sikap tawakal

Berikut ini beberapa pola sikap tawakal
  1. Selalu bersyukur apabila mendapatkan nikmat (keberhasilan/kesuksesan dll) dari Allah swt, dan bersabar apabila mendapatkan musibah.
  2. Tidak berkeluh kesah dan gelisah dikala berusaha dan beriktiar
  3. Selalu berusaha dan berikhtiar dengan maksimal, selanjutnya bertawakal kepada Allah swt
  4. Tidak gampang berputus asa dalam berusaha
  5. Menerima segala ketentuan Allah swt dengan rasa tulus dan ridha.
  6. Berusaha memperoleh sesuatu yang sanggup menawarkan manfaat kepada orang lain

Hikmah tawakal

Berikut ini beberapa pola pesan tersirat berperilaku tawakal
  1. Membuat seseorang percaya diri
  2. Menumbuhkan rasa keberanian dalam menghadapi setiap persoalan
  3. Memiliki ketenangan dan ketentraman jiwa
  4. Mendekatkan diri kepada Allah dengan senantiasa taat dan berbakti kepada Allah swt 
banner
Previous Post
Next Post