Wednesday 9 October 2019

Hikmah Beriman Kepada Hari Selesai Zaman (Hari Akhir)

Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir) - Sebelum membahas artikel ini, saya sudah share artikel yang berjudul pengertian kepercayaan kepada hari kiamat, dan juga macam-macam selesai zaman menyerupai kiamat sughra, kubra dan wustho. Hari selesai zaman merupakan suatu ketika dimana alam semesta dan isinya hancur lebur, waktu terjadinya selesai zaman tidak ada yang tahu. Yang tahu hanyalah Allah swt, tetapi kita harus meyakini adanya hari kiamat. Beriman kepada hari selesai zaman termasuk dalam rukun kepercayaan yang ke lima. 

Setelah terjadinya hari kiamat, maka semua insan yang telah mati akan dibangkitkan lagi untuk mendapat pembalasan. Yang pada alhasil akan masuk nirwana atau neraka, tergantung pada amal dan perbuatan yang dilakukannya di dunia ini. Bila kebaikannya lebih banyak dari keburukannya maka dia akan masuk surga, dan juga sebaliknya. Oke pribadi saja berikut ini yaitu pesan yang tersirat beriman kepada hari selesai zaman :

 saya sudah share artikel yang berjudul  Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)
Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)

Hikmah beriman kepada hari selesai zaman / hari akhir

1. Beriman kepada hari selesai zaman akan membuat kita menjadi lebih ulet dalam bersedekah shalih, hal ini dikarenakan kita mempercayai bahwa setelah mati akan ada kehidupan lagi untuk mempertanggung jawabkan perbuatan yang dilakukan di dunia ini.

2. Dengan beriman kepada hari selesai zaman kita akan berhati-hati dalam berbuat sesuatu, terutama perbuatan dosa. Mengingat perbuatan dosa sekecil apapun akan dibalas di alam abadi nanti.

3. Dengan beriman kepada hari kiamat, otomatis kita juga akan percaya adanya nirwana dan neraka. Dengan begitu kita akan lebih termotivasi untuk lebih taat kepada Allah swt dan selalu berhati-hati semoga tidak melaksanakan perbuatan dosa alasannya takut masuk neraka dan ingin masuk surga. 

4. Dengan beriman kepada hari akhir, seseorang akan selalu melaksanakan kewajibannya, dan juga tidak terlena dengan kehidupan di dunia yang sementara ini.

5. Dengan beriman kepada hari selesai zaman akan membuat kita sadar bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, sementara kehidupan di alam abadi yaitu awet (selama-lamanya). Suatu ketika kita niscaya akan mati, dan dunia ini akan hancur dan berlanjut di alam alam abadi yang kekal. Kehidupan di alam abadi nanti akan sesuai dengan amal perbuatan yang kita perbuat di dunia ini. Untuk itu kita harus berbuat yang sebaik-baiknya ketika hidup di dunia, kita harus semaksimal mungkin dalam bersedekah shalih.

6. Dengan beriman kepada hari kimat maka akan membuat seseorang sering bertaubat kepada Allah swt, alasannya takut akan mendapat siksa di alam abadi nanti.

7. Dengan beriman kepada hari selesai maka insan juga akan ber-amar ma'ruf nahi munkan kepada sesasam muslim

8. Memperoleh ketentuan Allah swt dengan tulus dan lapang dada, Allah tidak perna membuat sesuatu dengan sia-sia.

Demikian saja artikel yang berjudul pesan yang tersirat beriman kepada hari kiamat. Semoga sanggup bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari bahan ini. Terimakasih.
banner
Previous Post
Next Post