Thursday 10 October 2019

Hikmah Taharah (Bersuci) Dalam Islam

Selamat malam guys, ketemu lagi dengan saya di kitapunya.net dalam website yang akan membahas segala hal wacana dunia pendidikan, yang kali ini yang akan kita bahas ialah Taharah sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya wacana pengertian taharah dan macam-macamnya.

Taharah ialah bersuci, bersuci dari hadas kecil maupun hadas besar. Dalam Islam urusan taharah ini diatur dengan sangat detail, dari mulai cara membersihkan dari hadas kecil, hadas mugoladoh berwudhu, tayamum, sampai mandi wajib.

Selain bersuci diatas, bersuci dalam artian untuk kebersihan menyerupai mandi, bersiwak, gosok gigi, dan lain-lain juga mempunyai keutamaan lhoo dalam Islam. Apa keutamaannya? Kalian niscaya sering mendengan hadits ini “Kebersihan ialah sebagian dari iman”.

Iyaa betul, menjaga kebersihan ialah sebagian dari iman. Berarti itu menyadarkan kita bahwa menjaga kebersihan itu ialah sesuatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Selain alasannya ialah alasan kesehatan, juga kenyamanan. Nyaman, iyalah jikalau higienis kan lezat dipandang, lezat dirasakan tidak berbau dan lain sebagainya.

 dalam website yang akan membahas segala hal wacana dunia pendidikan Hikmah Taharah (Bersuci) Dalam Islam
Taharah
Berikut ini kitapunya.net rangkum beberapa nasihat dalam bersuci “TAHARAH” :

1. Orang yang suka hidup higienis akan lebih sehat, dan terhindar dari banyak sekali sumber penyakit maupun basil jahat.
2. Rasulullah saw. bersabda bahwa orangyang selalu menjaga wu«u akan bersinarwajahnya kelak ketika dibangkitkan darikubur.
3. Dapat dijadikan sarana untuk leih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Misal saja berwudhu, orang yang menjaga wudhunya akan terjaga dan dijaga oleh Allah.
4. Rasulullah saw. menegaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari dogma dan ada ungkapan bijak pula yang menyampaikan ”kebersihan pangkal kesehatan”.
5. Kebersihan akan menciptakan hidup ini menjadi enak, nyaman dan aman. Nyaman berarti tidak terganggu dari bau, pemandanagan yang tidak sedap. Dan kondusif dari banyak sekali bahaya yang mengancam kesehatan kita.

Baca juga : Pengertian dan Pentingnya Sikap Jujur
banner
Previous Post
Next Post