Thursday 10 October 2019

Talk Show Anak Muda Meriahkan Rangkaian Hut Kma Ke-45

Pemateri memberikan materi-materi inspiratif. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (7/3/2019). Dalam rangka memperingati HUT yang ke-45, mengadakan talk show anak muda. Talk show yang mengangkat tema "Menjadi Jomblo yang Inspiratif dan Produktif" ini berlangsung di Meuligoe KMA, pada Senin (4/3). 


Talk show anak muda ini merupakan salah satu jadwal kerja yang berada di bawah Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Acara ini dilaksanakan untuk menambah kesadaran mahasiswa untuk berbagi abjad dan kepribadian diri dengan hal-hal inspiratif dan produktif, ibarat yang diungkapkan ketua KMA, Tgk. Thaiburrifqi Ananda, pada pembukaan acara. 

Ketua panita, Zulfahmi Saputra, menyampaikan antusisme penerima untuk mengikuti jadwal ini melebihi prediksi awal. Zulfahmi menyampaikan bahwa jumlah penerima yang mendaftarkan diri untuk mengikuti talk show mencapai hingga sebanyak 200 orang. 

“Peserta kita batasi hingga 180 orang, tapi alhasil yang tiba malah mencapai 200 orang. Hal ini yakni bukti bahwa banyak pelajar yang berstatus jomlo ingin memperbaiki kualitas diri,” ujar Zulfahmi. 

Tiga Pemateri handal dan mumpuni ditunjuk untuk mengisi talk show. Pemateri pertama yakni Tgk. Hendri Julian. Hendri merupakan mahasiswa magister Universitas Liga Arab Mesir, yang sedang menyelesaikan tesisnya. Hendri memaparkan beberapa hal bagaimana kiat-kiat merancang masa depan para jomlo dengan cerah. 

Kemudian dilanjutkan oleh Tgk. Zaky Mubarak. Zaky yakni putra asal Aceh Barat Daya. Ia sedang menempuh pendidikan di jadwal magister Jurusan Tafsir, Universitas Al-Azhar Kairo. Di usianya yang masih muda, Zaki cukup berprestasi. Kini ia telah menuntaskan hafalan Al-Qur'an dan sudah memperoleh banyak ijazah dengan sanad yang bersambung hingga ke Rasulullah Saw. Dalam pemaparannya, Zaky menasihati biar para jomlo lebih mengoptimalkan waktu yang ada dan mengisinya dengal hal-hal yang bermanfaat. 

Pemateri selanjutnya, Tgk. Mukhlis Hasballah. Ia yakni lulusan sarjana Al-Azhar dan alumni Darul Ifta' Mesir. Tgk. Mukhlis telah menikah dan mempunyai seorang anak. Ia memberikan bahwa seyogyanya seorang pria yang masih menyandang status jomlo, harus semenjak dini mempersiapkan bekal ilmu dan finansial yang cukup untuk membangun rumah tangga kelak.

"Kita sebagai anak muda, jangalah terburu-buru menikah. Kita juga harus mempersiapkan ilmunya dan finansialnya dengan baik. Jangan sampai, dikala kita nanti menikah, tapi finansial masih kurang baik, kita harus berusaha keras untuk bekerja untuk mencukupi finansial yang tidak cukup. Akhirnya, jikalau kita menikah, apalagi jikalau masih berstatus mahasiswa, akan sangat menggangu waktu kita belajar. Ini yang perlu dihindari," ujar Tgk. Mukhlis.

Talk show yang dimoderatori oleh Tgk. Amaril Basyiri ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Tgk. Azwani Putra. Dengan berakhirnya talk show anak muda, para perjaka dibutuhkan bisa memanfaatkan masa lajang mereka dengan masalah positif, mencapai semua sasaran yang telah dirancang, serta bisa menjadi ide bagi orang lain.[] 

Maulidia Azzukhraifa
banner
Previous Post
Next Post