Wednesday, 6 November 2019

Al-Hadi (Yang Memberi Petunjuk) Bag. 1

Bismillah walhamdulillah wash shalatu was salamu  Al-Hadi (Yang Memberi Petunjuk) bag. 1



Bismillah walhamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du:

Al-Hadi  yang berarti : “Yang Memberi Petunjuk” ialah salah satu nama Allah yang maha indah. Nama “Al-Hadi” disebutkan dalam Al-Qur`an di dua ayat, yaitu:

Pertama: dalam surat Al-Hajj:54, Allah Ta’ala berfirman,

وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَيُؤْمِنُوا بِهِ فَتُخْبِتَ لَهُ قُلُوبُهُمْ ۗ وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Dan supaya orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini sebenarnya Al-Qur`an itu haq, dari Tuhan-mu, kemudian mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya dan sesungguhnya Allah ialah benar-benar Pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.

Kedua : dalam surat Al-Furqan:31, Allah Ta’ala berfirman,

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ ۗ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا

Dan ibarat itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai Pemberi petunjuk dan Penolong.

Makna nama Allah “Al-Hadi”

Al-Hadi ialah Yang memberi petunjuk dan hidayah kepada hamba-hamba-Nya supaya senang di dunia dan darul abadi dengan taat kepada-Nya, dan Yang memberi petunjuk seluruh makhluk hidup kepada sesuatu yang bermanfaat baginya dan memberi petunjuk mereka kepada kasus yang menyebabkannya dapat terhindar dari bahaya.

Hal ini ditunjukkan dalam firman Allah Ta’ala,

الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّىٰ

“yang menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya)

وَالَّذِي قَدَّرَ فَهَدَىٰ

“dan yang memilih kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk” (Q.S. Al-A’la: 2-3).

Berkata Ibnu Athiyyah rahimahullah dalam kitab Tafsirnya,

وقوله تعالى: {فهدى} عام لجميع الهدايات في الإنسان والحيوان، وقد خصص بعض المفسرين أشياء من الهدايات،

“Firman Allah Ta’ala {فَهَدَىٰ } umum meliputi seluruh hidayah-hidayah untuk insan dan hewan. Sebagian Ahli Tafsir mengkhususkan beberapa bentuk hidayah.”

Ibnu Athiyyah rahimahullah menyebutkan beberapa tafsiran darinya,

وقال مقاتل والكلبي : هدى الحيوان إلى وطء الذكور الإناث، وقيل: هدى المولود عند وضعه إلى مص الثدي، وقال مجاهد : هدى الناس إلى الخير والشر والبهائم للمراتع.

“Muqatil dan Al-Kalbi mengatakan: ‘Dia memberi petunjuk kepada binatang wacana cara binatang jantan menggauli betina.’ Ada pula yang menafsirkan: ‘Dia memberi petunjuk kepada bayi sesudah kelahirannya bagaimana menghisap puting ibunya.’ Mujahid menafsirkan: ‘Dia memberi petunjuk kepada kebaikan dan keburukan, serta binatang kepada padang gembalaannya.’”

Lalu Ibnu Athiyyah rahimahullah menyimpulkan:

وهذه الأقوال مثالات

“Dan tafsiran-tafsiran tersebut konteksnya ialah sebatas contoh-contoh saja.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menguatkan evaluasi Ibnu Athiyyah rahimahullah tersebut, dia berkata:

والأقوال الصحيحة هي من باب المثالات، كما قال ابن عطية‏.‏ وهكذا كثير من تفسير السلف؛ يذكرون من النوع مثالا لينبهوا به على غيره، أو لحاجة المستمع إلى معرفته، أو لكونه هو الذي يعرفه

“Dan tafsiran-tafsiran yang benar tersebut konteksnya, yaitu:
(para Ahli Tafsir tersebut) sedang menyebutkan contoh-contohnya saja, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Athiyyah.

Demikianlah, banyak dari tafsiran Salaf yang menyebutkan contoh-contoh untuk suatu macam kasus dalam rangka mengingatkan adanya pola lainnya dari tafsiran tersebut, atau alasannya ialah adanya kebutuhan pendengar untuk mengetahui tafsiran tersebut, atau alasannya ialah tafsiran tersebutlah yang diketahui oleh seorang Ahli Tafsir.”

[Bersambung]

***

Penulis : Ust. 

Sumber Muslim.or.id
banner
Previous Post
Next Post