Puasa yang tepat ialah puasa lahir dan batin
هذا هو الصَّوم المشروع لا مجرَّد الإمساك عن الطَّعام والشَّراب
“Inilah bahu-membahu puasa yang disyari’atkan, ia tidak sekedar menahan dari makan dan minum!”
demikian tutur seorang Imam besar, dokter hati kaum Muslimin, Ibnul Qoyyim rahimahullah.
Memang demikian, bahu-membahu puasa yang disyari’atkan bukanlah sekedar menahan dari makan dan minum, namun hakikatnya ialah puasa yang mencakup dua dimensi sekaligus, lahir maupun batin. Para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah rahimahumullah dari dulu telah menjelaskan wacana hakikat puasa yang mempunyai dua dimensi ini sekaligus.
Berikut ini nukilan dari beberapa ulama rahimahumullah tentang hal itu. Al-Allamah Ahmad Syakir rahimahullah ketika menyesalkan banyaknya kebiasaan puasa yang dilakukan oleh sebagian kaum Muslimin yang bertentangan dengan hakikat puasa itu sendiri mengatakan,
إنِّي أرى في كثير ممَّا اتَّخذنا من العادات في الصَّوم ما ينافي حقيقته، بل ما يحبط الأجر عليه، بل ما يزيد الإنسان إثمًا
“Sesungguhnya saya melihat banyak dari kebiasaan yang kita lakukan dalam berpuasa bertentangan dengan hakikat puasa, bahkan menggugurkan pahalanya, lebih dari itu, malah menjadikan insan bertambah dosa” (Jamharah Maqalat Ahmad Syakir: 2/692 PDF).
Puasa ialah berpuasanya seluruh anggota tubuh
Ibnul Qoyyim rahimahullah menjelaskan hakikat puasa ditinjau dari sisi anggota badan insan yang ditahan dari melaksanakan hal-hal yang disyari’atkan untuk ditahan ketika berpuasa,
والصَّائم هو الَّذي صامت جوارحه عن الآثام، ولسانه عن الكذب والفحش وقول الزُّور وبطنه عن الطَّعام والشَّراب وفرجه عن الرَّفَث
“Orang yang berpuasa ialah orang yang (seluruh) anggota tubuhnya berpuasa dari dosa-dosa, dan lisannya pun berpuasa dari dusta, ucapan keji dan ucapan batil, puasa perutnya dari makan dan minum, puasa kemaluannya dari bersetubuh” (Shahih Al-Wabilish Shayyib, hal. 54).
Buah Puasa yang hakiki
Hakikat puasa yang tepat itu, ketika seluruh anggota badan sama-sama berpuasa. Jika seseorang melaksanakan ibadah puasa dengan bentuk yang menyerupai itu, maka akan didapatkan buah-buah elok menyerupai yang dijelaskan Ibnul Qoyyim di bawah ini,
فإنْ تكلَّم لم يتكلَّم بما يجرح صومه، وإن فعل لم يفعل ما يفسد صومه، فيخرج كلامه كلُّه نافعًا صالحًا، وكذلك أعماله،
“Maka kalau ia berbicara, tidaklah mengucapkan ucapan yang menodai puasanya, dan kalau ia berbuat, tidaklah melaksanakan perbuatan yang merusak puasanya, sampai keluarlah seluruh ucapannya dalam bentuk ucapan yang bermanfaat lagi baik, demikian pula untuk perbuatannya.”
فهي بمنزلة الرَّائحة الَّتي يشمُّها من جالس حامل المسك، كذلك من جالس الصَّائم انتفع بمجالسته، وأَمِن فيها من الزُّور والكذب والفجور والظُّلم، هذا هو الصَّوم المشروع لا مجرَّد الإمساك عن الطَّعام والشَّراب
“Maka ucapan dan perbutannya tersebut menyerupai bau harum yang dicium oleh orang yang duduk menemani pembawa minyak wangi misk! Demikianlah orang yang menemani orang yang berpuasa (dengan sebenar-benar puasa), pasti akan mengambil manfaat dari pertemanannya tersebut, ia akan merasa kondusif dari ucapan batil, dusta, kefajiran dan kezhaliman. Inilah bahu-membahu puasa yang disyari’atkan, ia tidak sekedar menahan dari makan dan minum” (Shahih Al-Wabilish Shayyib, hal. 54).
Mengapa bukan hanya kuliner dan minuman yang tertuntut untuk ditinggalkan ketika berpuasa?
Simaklah penuturan Ibnul Qoyyim berikut ini,
فالصَّوم هو صوم الجوارح عن الآثام، وصوم البطن عن الشَّراب والطَّعام؛ فكما أنَّ الطَّعام والشَّراب يقطعه ويفسده، فهكذا الآثام تقطع ثوابَه، وتفسدُ ثمرتَه، فتُصَيِّره بمنزلة من لم يصُم
“Maka puasa (yang hakiki) ialah puasanya seluruh anggota badan dari dosa-dosa dan puasanya perut dari minuman dan makanan. Sebagaimana makan dan minum itu memutuskan kesahan puasa dan merusaknya, maka demikian pula dosa-dosa akan memutuskan pahala puasa dan merusak buahnya, sampai membuatnya menjadi menyerupai kedudukan orang yang tidak berpuasa” (Shahih Al-Wabilish Shayyib, hal.54-55).
Itulah uraian ulama kita rahimahumullah tentang hakikat puasa. Penjelasan hal ini diambil dari dalil-dalil wacana karakteristik puasa yang benar. Insyaallah, akan penulis isyaratkan sebagian dalil-dalil tersebut pada tempatnya di seri artikel wacana hal itu.
Selanjutnya, bagaimanakah tingkatan orang-orang yang berpuasa itu? Silahkan baca artikel: Hakikat Puasa (3)
—