BAB KEEMPAT: Kaidah ketiga
Imam dakwah Tauhid, Syaikhul Islam Muhammad At-Tamimi rahimahullah berkata :
القاعدة الثالثة
أنّ النبي ظهر على أُناسٍ متفرّقين في عباداتهم منهم مَن يعبُد الملائكة، ومنهم من يعبد الأنبياء والصالحين، ومنهم من يعبد الأحجار و الأشجار، ومنهم مَن يعبد الشمس والقمر، وقاتلهم رسول الله ولم يفرِّق بينهم، والدليل قوله تعالى: {وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ}[البقرة:193].
ودليل الشمس والقمر قوله تعالى: {وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ}[فصلت:37].
ودليل الملائكة قوله تعالى: {وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا}[آل عمران:80].
ودليل الأنبياء قوله تعالى: {وَإِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُونِي وَأُمِّي إِلَهَيْنِ مِنْ دُونِ اللَّهِ قَالَ سُبْحَانَكَ مَا يَكُونُ لِي أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِي بِحَقٍّ إِنْ كُنتُ قُلْتُهُ فَقَدْ عَلِمْتَهُ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَلَا أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ}[المائدة:116].
ودليل الصالحين قوله تعالى: {أُوْلَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمْ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ}الآية[الإسراء:57].
ودليل الأحجار والأشجار قوله تعالى: {أَفَرَأَيْتُمْ اللَّاتَ وَالْعُزَّى(19)وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَى}[النجم:19–20].
وحديث أبي واقدٍ الليثي قال: خرجنا مع النبي إلى حُنين ونحنُ حدثاء عهدٍ بكفر، وللمشركين سدرة يعكفون عندها وينوطون بها أسلحتهم يقال لها: ذات أنواط، فمررنا بسدرة فقلنا: يا رسول الله إجعل لنا ذات أنواط كما لهم ذات أنواط… الحديث
Terjemah Matan
Kaidah ketiga
Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berada ditengah-tengah insan yang majemuk bentuk peribadahan (dan sesembahan, pent.) mereka.
Di antara mereka ada yang menyembah para Malaikat, ada yang menyembah para Nabi dan orang-orang shalih, ada yang menyembah pepohonan dan bebatuan serta ada pula yang menyembah matahari dan bulan.
Namun mereka semua diperangi oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan dia tidak membeda-bedakan di antara mereka. Dalilnya yakni firman Allah Ta’ala,
{وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ}
Dan perangilah mereka sehingga tidak ada lagi fitnah, dan Dien ini untuk Allah semata. [QS.Al-Baqarah: 193].
Dalil (penyembahan mereka kepada) matahari dan bulan yakni firman Allah Ta’ala,
{وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ}
Dan sebagian dari gejala kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan. [QS.Fushshilat: 37].
Dalil (penyembahan mereka kepada) para Malaikat yakni firman Allah Ta’ala,
{وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا}
Dan dia (Nabi Muhammad) tidak pernah memerintahkan kalian untuk mengakibatkan para Malaikat dan para Nabi sebagai sembahan-sembahan. [QS. Ali ‘Imran: 80].
Dalil (penyembahan mereka kepada) para Nabi yakni firman Allah Ta’ala,
{وَإِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُونِي وَأُمِّي إِلَهَيْنِ مِنْ دُونِ اللَّهِ قَالَ سُبْحَانَكَ مَا يَكُونُ لِي أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِي بِحَقٍّ إِنْ كُنتُ قُلْتُهُ فَقَدْ عَلِمْتَهُ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَلَا أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ}
Dan [ingatlah] saat Allah berfirman:”Hai ‘Isa putera Maryam, adakah kau menyampaikan kepada manusia:”Jadikanlah saya dan ibuku dua orang sesembahan selain Allah?”. ‘Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku menyampaikan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika saya pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan saya tidak mengetahui apa yang ada pada diri-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara-perkara yang ghaib. [QS.Al-Maidah: 116].
Dalil (penyembahan mereka kepada) orang-orang shalih yakni firman Allah Ta’ala,
{أُوْلَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمْ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ}
Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Rabb mereka siapa di antara mereka yang lebih akrab (dengan Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. [QS.Al-Israa`: 57].
Dalil (penyembahan mereka kepada) pepohonan dan bebatuan yakni firman Allah Ta’ala,
{أَفَرَأَيْتُمْ اللَّاتَ وَالْعُزَّى(19)وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَى}
Maka apakah patut kalian (hai orang-orang musyrik) menganggap al-lata dan al-‘uzza, dan manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)? [QS.An-Najm: 19-20].
Dan hadits Abi Waqid Al-Laitsi, dia berkata:
“Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuju (perang) Hunain, dan saat itu kami gres saja terbebas dari kekafiran (muallaf). Sementara itu, orang-orang musyrikin mempunyai sebuah pohon bidara yang mereka berdiam diri (dalam bentuk beribadah) di sisinya dan mereka menggantungkan senjata-senjata mereka di situ (untuk cari berkah, pent.). Pohon itu dikenal dengan nama Dzatu Anwath (yang mempunyai daerah menggantung). Kami kemudian melalui pohon bidara itu, kemudian kami mengatakan: “Wahai Rasulullah, pilihkanlah bagi kami pohon untuk menggantungkan senjata dalam rangka mencari berkah, sebagaimana mereka (musyrikin) mempunyai pohon tersebut….” hingga selesai hadits.
——————————————————————————–
Penjelasan
Kaidah ketiga: “Inti kesyirikan dalam duduk kasus Uluhiyyah itu semuanya sama, namun sesembahan-sesembahan musyrikin berbeda-beda”.
Di dalam cuilan ini terdapat penetapan bahwa inti kesyirikan dalam duduk kasus Uluhiyyah yakni memalingkan peribadatan kepada selain Allah. Oleh alasannya itu, saat Allah Ta’ala menjelaskan perihal Tauhid, Dia berfirman:
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kalian jangan beribadah kecuali kepada-Nya saja. [Al-Israa`: 23].
Hanya saja, bentuk peribadatan yang dipersembahkan kepada sesembahan selain Allah berbeda-beda.
Demikian pula, sesembahan-sesembahan kaum musyrikin itu juga beranekaragam macamnya, ada orang-orang sholeh, malaikat, bulan, matahari, pohon dan ada pula yang lainnya.
Dalam kaedah ini terdapat dua cuilan besar, yaitu: muqoddimah dan natiijah (kesimpulan), berikut ini penjelasannya:
a. Muqoddimah
Gambaran keadaan musyrikin Arab,bahwa mereka menyembah sesembahan yang beranekaragam,dari mulai bulan,matahari,batu,pohon, hingga makhluk yang ta’at,yaitu : Malaikat,para Nabi dan Shalihin. Sesembahan-sesembahan mereka itu disebutkan dalam Al-Qur`an.
Selanjutnya, muncul sebuah pertanyaan: “Apakah di dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah, Allah menyebutkan bahwa barang siapa yang menyembah bulan,matahari,batu, dan pohon, makaperangilah, namun barang siapa yang menyembah Malaikat,para Nabi dan Shalihin,jangan diperangi?!”
Jawabannya : “Tidak, Allah tidak menyebutkan hal itu! “.
b. Natiijah (kesimpulan)
Karena tidak terdapat dalil yang membedakannya, berarti Allah menyamakan semua musyrikin, meski sesembahan mereka berbeda-beda.
Maka dari itu pantaslah kalau yang pertama kali disebutkan dari ketujuh dalil dalam kaedah ketiga ini yakni dalil yang kesatu.
Dalil tersebut mengisyaratkan kepada kesimpulan di atas bahwa semua musyrikin statusnya sama, meski sesembahan mereka berbeda-beda.
Dengan disebutkannya kesimpulan kaedah ketiga ini pada dalil yang pertama, maka diperlukan pembaca pribadi meyakini keyakinan yang benar terlebih dahulu secara global, gres kemudian pada dalil-dalil setelahnya, pembaca diperlukan memahami bahwa walaupun sesembahan-sesembahan kaum musyrikin berbeda-beda, namun semuanya sama-sama terlarang, alasannya semuanya yakni kesyirikan dalam peribadatan.
Dalam kaedah ketiga ini terdapat tujuh macam dalil, yaitu
1. Firman Allah Ta’ala
وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ
“Dan perangilah mereka sehingga tidak ada lagi fitnah, dan ketaatan ini menjadi milik Allah semuanya” (Al-Baqarah: 193).
Keterangan
- Firman Allah Ta’ala,وَقَاتِلُوهُمْ“Dan perangilah mereka”Maksud “mereka” di sini yakni umum meliputi setiap orang musyrik, apapun sesembahan mereka, tanpa kecuali.
- Fitnah yang dimaksud dalam ayat ini yakni semua bentuk kesyirikan, tanpa kecuali. Jadi, makna ayat ini yakni perangilah kaum musyrikin, sehingga tidak terdapat kesyirikan dalam banyak sekali macam bentuknya, berupa syirik dalam bentuk penyembahan Nabi dan Wali, penyembahan pohon, penyembahan batu, penyembahan matahari maupun dalam bentuk penyembahan syirik selainnya.
- Ad-Diin yang dimaksud dalam ayat ini yakni seluruh bentuk ibadah. Jadi, makna ayat ini yakni seluruh bentuk ibadah, haruslah dipersembahkan kepada Allah saja, tidak boleh seseorang menyekutukan-Nya dengan selain-Nya di dalam peribadatan.
- Ayat ini menawarkan kepada natiijah (kesimpulan) yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu semua orang musyri itu sama dan semua diperintahkan untuk diperangi.
2. Firman Allah Ta’ala:
وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ
“Dan sebagian dari gejala kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan” (Fushshilat: 37).
Ayat ini menawarkan bahwa di antara sesembahan kaum musyrikin yakni matahari dan bulan. Oleh alasannya itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang shalat saat terbit dan terbenamnya matahari, dalam rangka mencegah terjadinya kesyirikan, alasannya di antara kaum musyrikin ada yang sujud kepada matahari pada dua waktu tersebut.
3. Firman Allah Ta’ala :
وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَنْ تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا
“Dan dia (Muhammad) tidak pernah memerintahkan kalian untuk mengakibatkan para Malaikat dan para Nabi sebagai sembahan-sembahan” (Ali ‘Imran: 80).
Ayat ini menawarkan bahwa di antara sesembahan musyrikin yakni malaikat, mereka menyembah malaikat, berdoa kepadanya serta menjadikannya sebagai mediator antara diri mereka dengan Allah dalam memberikan hajat mereka.
Lalu diutuslah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memberantas kesyirikan mereka ini dan menjelaskan bahwa malaikat yakni sebatas makhluk yang tidak berhak disembah. Oleh alasannya itulah, dalam surat Saba`: 22-23, Allah jelaskan kelemahan malaikat, walaupun Allah menganugerahkan kepada malaikat kekuatan dan badan yang besar, namun mereka tetaplah makhluk lemah yang tidak berhak disembah.
4. Firman Allah Ta’ala :
وَإِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُونِي وَأُمِّي إِلَهَيْنِ مِنْ دُونِ اللَّهِ قَالَ سُبْحَانَكَ مَا يَكُونُ لِي أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِي بِحَقٍّ إِنْ كُنتُ قُلْتُهُ فَقَدْ عَلِمْتَهُ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَلَا أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ
“Dan (ingatlah) saat Allah berfirman:”Hai ‘Isa putera Maryam, adakah kau menyampaikan kepada manusia:”Jadikanlah saya dan ibuku dua orang Ilah selain Allah.” ‘Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku menyampaikan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika saya pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahui apa yang ada pada diriku dan saya tidak mengetahui apa yang ada pada diri-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib” (Al-Maidah: 116).
Ayat ini menawarkan bahwa di antara sesembahan kaum musyrikin yakni Nabi dan orang salih. Contohnya di antara mereka ada yang menyembah Nabi ‘Isa ‘alaihis salam dan Maryam, perempuan yang salihah. Oleh alasannya itu, Allah Ta’ala mencela orang-orang yang mengakibatkan Nabi ‘Isa ‘alaihis salam dan Maryam sebagai sekutu Allah Ta’ala dan meyakini dengan keyakinan yang salah bahwa keduanya mempunyai hak untuk disembah. Allah Ta’alaberfirman,
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِنْ لَمْ يَنْتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah yakni salah satu dari (sesembahan) yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain dari Tuhan Yang Esa (Allah). Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pastilah orang-orang yang kafir dari mereka, akan ditimpa siksaan yang pedih” (Al-Maa`idah: 73).
5. Firman Allah Ta’ala,
أُوْلَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمْ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ
“Orang-orang yang mereka sembah itu, mereka sendiri mencari jalan untuk mendekatkan diri hanya kepada Rabb mereka, siapa di antara mereka yang lebih akrab (dengan Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya” (Al-Israa`: 57).
Di dalam ayat ini terdapat dalil bahwa para Nabi, Malaikat, dan orang-orang salih yang disembah oleh orang-orang musyrik hanya menyembah Allah, mentauhidkan-Nya, dan tidak menyekutukan-Nya. Ibadah mereka dalam bentuk takut dan harap ditujukan kepada-Nya saja, tidak kepada selain-Nya, bahkan mereka melaksanakan ibadah yang paling bisa mendekatkan diri mereka kepada-Nya. Para Nabi, Malaikat, dan orang-orang salih yang mereka sembah itu semua butuh kepada Allah, bagaimana mungkin memberi manfaat atau menolak bahaya? Maka mengapa kaum musyrikin menyembah orang-orang salih tersebut, padahal orang-orang salih itu sendiri menyembah Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya.
Kesimpulan:
Dalam ayat ini terdapat dalil bahwa di antara sesembahan-sesembahan kaum musyrikin zaman dahulu yakni Para Nabi, Malaikat, dan orang-orang salih, dan hal ini dihentikan dalam syariat alasannya merupakan bentuk kesyirikan dan penyembahan kepada selain Allah Ta’ala.
6. Dalil yang keenam yakni firman Allah Ta’ala dalam surat An-Najm: 19-20, namun untuk memperjelas, penyusun bawakan ketiga ayat berikutnya hingga ayat ke-23:
أَفَرَأَيْتُمُ اللَّاتَ وَالْعُزَّىٰ. وَمَنَاةَ الثَّالِثَةَ الْأُخْرَىٰ. أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الْأُنْثَىٰ. تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَىٰ. إِنْ هِيَ إِلَّا أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَآبَاؤُكُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ ۚ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَمَا تَهْوَى الْأَنْفُسُ ۖ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنْ رَبِّهِمُ الْهُدَىٰ
“Maka apakah patut kalian (hai orang-orang musyrik) menganggap al lata dan al uzza. Dan yang lainnya, manah yang ketiga (sebagai anak perempuan Allah)? Apakah (patut) untuk kau (anak) pria dan untuk Allah (anak) perempuan? Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kau dan bapak-bapak kau mengadakannya; Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun (hujjah bagi apa yang kalian katakan bahwa tiga berhala itu yakni sesembahan). Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka dan sebenarnya telah tiba petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka” (An-Najm:19-23).
Penjelasan
Tiga nama yang disebutkan dalam ayat di atas yakni nama-nama berhala yang paling diagungkan oleh orang-orang musyrik, sehingga pengaruh buruknya sangat dahsyat, oleh alasannya itulah dalam ayat ini pribadi disebutkan nama-namanya.
- Adapun al-lata (dibaca dengan abjad “ت” satu) yakni kerikil yang dikeramatkan. Sedangkan jika al-latta (dibaca dengan abjad “ت” dua) yakni kuburan yang dikeramatkan.
- Dan al-uzza adalah pohon yang dikeramatkan.
- Adapun manah adalah patung (batu).
Perbuatan yang dilakukan oleh kaum musyrikin terhadap berhala-berhala tersebut yakni mengagungkan dan menyembahnya, dengan tujuan untuk mendapat berkah darinya atau dengan kata lain untuk mendapat manfaat atau biar tertolak dari bahaya.
Dan dalam ayat ini Allah nyatakan batilnya kesyirikan mereka itu dengan berfirman,
إِنْ هِيَ إِلَّا أَسْمَاءٌ سَمَّيْتُمُوهَا أَنْتُمْ وَآبَاؤُكُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ ۚ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَمَا تَهْوَى الْأَنْفُسُ ۖ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنْ رَبِّهِمُ الْهُدَىٰ
“Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kalian dan bapak-bapak kalian mengadakannya; Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun (hujjah bagi apa yang kalian katakan bahwa tiga berhala itu yakni sesembahan). Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka dan sebenarnya telah tiba petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka” (An-Najm: 23).
Dengan demikian, kelakuan orang-orang musyrik zaman kini yang ngalap berkah dengan kuburan orang-orang salih sama ibarat orang-orang musyrik zaman dulu yang ngalap berkah dengan berhala al-latta, sedangkan kelakuan mereka ngalap berkah dengan pohon dan batu, maka ibarat perbuatan orang-orang musyrik zaman dulu yang ngalap berkah dengan berhala al-uzza dan manah.
Kesimpulan:
- Ayat ini menawarkan bahwa di antara kaum musyrikin dahulu, ada yang menyembah kerikil dan pohon, sebagaimana dikatakan penulis dalam matan.
- Dan dalam ayat ini Allah nyatakan batilnya perbuatan mereka mengagungkan dan menyembah berhala-berhala tersebut dengan tujuan untuk mendapat berkah dari mereka, maka barangsiapa yang ngalap berkah dengan kuburan orang salih, pohon dan batu, dengan keyakinan bisa memberi manfaat atau menolak keburukan, berarti hukumnya syirik ibarat kesyirikan kaum musyrikin dahulu, yaitu syirik akbar.
- Ngalap berkah kaum musyrikin zaman dahulu sama dengan zaman sekarang.
7. Dan hadits Abi Waqid Al-Laitsi, dia berkata,
عَنْ أَبِي وَاقِدٍ اللَّيْثِيِّ، قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآلِهِ وَسَلَّمَ إِلَى حُنَيْنٍ -وَنَحْنُ حُدَثَاءُ عَهْدٍ بِكُفْرٍ-، ولِلْمُشْرِكِينَ سِدْرَةٌ يَعْكُفُونَ عِنْدَهَا، ويَنُوطُونَ بِهَا أَسْلِحَتَهُمْ يُقَالُ لَهَا: ذَاتُ أَنْوَاطٍ، قَالَ: فَمَرَرْنَا بِالسِّدْرَةِ، فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللهِ, اجْعَلْ لَنَا ذَاتَ أَنْوَاطٍ كَمَا لَهُمْ ذَاتُ أَنْوَاطٍ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ: اللهُ أَكْبَرُ، إِنَّهَا السُّنَنُ، قُلْتُمْ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ كَمَا قَالَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ: ﴿اجْعَلْ لَنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ﴾ [الأعراف: ١٣٨]، لَتَرْكَبُنَّ سَنَنَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ.
Dari Abu Waqid Al-Laitsi radhiyallahu’anhu, dia menceritakan, “Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuju (perang) Hunain, dan saat itu kami gres saja terbebas dari kekafiran (muallaf). Sementara itu, orang-orang musyrik mempunyai sebuah pohon bidara yang mereka berdiam diri (dalam bentuk beribadah) di sisinya dan mereka menggantungkan senjata-senjata mereka di situ (untuk cari berkah, pent.). Pohon itu dikenal dengan nama Dzatu Anwath (yang mempunyai daerah menggantung). Kami kemudian melalui pohon bidara itu, kemudian kami mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, pilihkanlah bagi kami pohon untuk menggantungkan senjata dalam rangka mencari berkah, sebagaimana mereka (musyrikin) mempunyai pohon yang ibarat itu.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Allahu akbar! Ini yakni kebiasaan turun temurun! Demi Allah, yang jiwaku berada di tangan-Nya (Allah), kalian telah menyampaikan sesuatu sebagaimana yang dikatakan oleh Bani Isra`il (kepada Nabi Musa ‘alaihis salam), ‘jadikanlah untuk kami sesembahan sebagaimana mereka mempunyai sesembahan-sesembahan.’ Dia (Nabi Musa ‘alaihis salam) berkata, ‘Sesungguhnya kalian yakni kaum yang bertindak bodoh’ (QS. Al-A’raaf: 138). Sungguh kalian benar-benar akan mengikuti kebiasaan-kebiasaan orang-orang sebelum kalian’” (HR. Tirmidzi dan dia mensahihkannya, disahihkan juga oleh Syaikh al-Albani).
Penjelasan:
- Hadits yang mulia ini yakni dalil yang menunujukkan bahwa kaum musyrikin zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ada yang menyembah pohon, alasannya apa yang mereka lakukan terhadap pohon tersebut yakni bentuk-bentuk peribadatan, sebagaimana penjelasannya pada keterangan berikutnya.
- Yang diminta oleh sebagian muslimin yang gres masuk Islam yakni melaksanakan ibarat perbuatan kaum musyrikin, berupa syirik akbar, alasannya terkumpul beberapa bentuk ibadah yang ditujukan kepada selain Allah, yaitu:
- Mereka (musyrikin) mengagungkan pohon bidara tersebut. Dan mengagungkan (Ta’zhim) itu ibadah.
- Mereka i’tikaf (berdiam diri dalam bentuk beribadah dan taqrrub), ini mengharuskan adanya ibadah harap, takut dan cinta.
- Tabarruk (mencari barakah/ kebaikan yang banyak dan terus menerus), yaitu menginginkan pindahnya berkah dari pohon tersebut ke pedang, biar lebih tajam dan membawa kebaikan pada pemegangnya. Contoh tabarruk yang merupakan syirik akbar yakni mengusap-usap kuburan, mengusap-usap masjid yang dikeramatkan, mengusap-usap petilasan, menaburkan debu ke kepala, mengosok-ngosokkan badan ke tanah yang dikeramatkan dengan keyakinan daerah tadi, atau ruh mayyit yang menitis di daerah tersebut bisa menjadi mediator dalam mendekatkan diri pelakunya kepada Allah sehingga terpenuhi hajatnya atau merasa lebih bisa terpenuhi dengan bertabarruk ibarat itu.
Karena tiga kasus inilah, maka perbuatan mereka dihukumi syirik akbar.
- Sebagian kaum muslimin yang meminta hal itu tidaklah terjatuh ke dalam kekafiran, alasannya gres masuk Islam sehingga tidak tahu perihal hal itu, tidak menyengaja menyimpang, dan tidak melakukannya.
Fungsi kaedah ini :
- Seorang muslim bisa memahami bahwa fenomena yang dilakukan oleh sebagian orang zaman ini berupa penyembahan terhadap orang-orang salih, hakekatnya tidak ada bedanya dengan penyembahan kepada matahari, pohon, dan kerikil di zaman dulu, alasannya semuanya sama-sama perbuatan syirik.
- Sebagai bantahan terhadap keyakinan batil bahwa syirik itu sebatas hanya penyembahan patung saja dan bantahan pula terhadap keyakinan batil bahwa tidak sama antara menyembah Nabi, Wali, dan orang salih dengan menyembah patung.
Padahal Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah membedakan antara keduanya.
***
[serialposts]
Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah
Sumber : Muslim.or.id