Sunday 6 October 2019

Contoh Sikap Menepati Kesepakatan Di Lingkungan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat

Contoh sikap menepati komitmen dalam kehidupan sehari-hari mirip di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sangatlah banyak, yang mana contoh-contoh dibawah ini semoga sanggup dijadikan pandangan gres dan teladan semoga kita selalu menjadi orang-orang yang menepati janji.

Menepati janji ialah salah satu sikap yang wajib kita lakukan, alasannya ialah intinya komitmen sanggup diibaratkan sebaga hutang yang harus kita bayarkan. Janji sanggup berupa komitmen terhadap diri sendiri, komitmen terhadap insan dan komitmen terhadap Allah sebagai syarat sebuah pertaubatan nasuha.

Menepati komitmen juga merupakan ciri-ciri orang yang beriman dan berakhlak, alasannya ialah orang yang beriman senantiasa selalu berusaha untuk tidak menyakiti orang lain. Kita tahu bahwa mengingkari komitmen sama dengan menyakiti, walaupun kita sudah meminta maaf namun tetap saja niscaya ada rasa kecewa dibenak hati orang yang kita ingkari.

Perilaku menepati janji juga merupakan ciri-ciri orang yang mempunyai integritas dan sanggup dipercaya, layaknya seorang pemimpin yang beliau harus menepati komitmen atas apa-apa yang telah disampaikannya dikala kampanye.
ontoh sikap menepati komitmen dalam kehidupan sehari Contoh Perilaku Menepati Janji Di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Contoh sikap menepati janji

Berjanjilah Dengan Mengucapkan InsyaAllah

Karena pentingnya untuk menepati komitmen ini, Allah SWT menyuruh kita semoga berhati-hati ketika berjanji. Apalagi kita tidak tahu yang akan terjadi di masa depan, Allah menyuruh kita semoga ketika kita berjanji selalu dengan ucapan "InsyaAllah" (bila Allah berkehendak). Artinya komitmen tersebut akan kita penuhi bila Allah berkehenda, alasannya ialah sejatinya insan hanya sanggup berencana dan Allah yang berkuasa. Hal tersebut Allah firmankan dalam Q.S. Al-Kahfi ayat 23 - 24 yang artinya : 
Jangan sekali-kali kau menyampaikan terhadap sesuatu: ‘Sesungguhnya saya akan mengerjakan itu besok pagi, (QS. 18:23) kecuali (dengan menyebut): ‘Insya Allah.’ Dan ingatlah kepada Rabbmu bila kau lupa dan katakanlah: ‘Mudah-mudahan Rabbku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih bersahabat kebenarannya daripada ini.’” (QS. 18:24)
Ayat di atas menggambarkan begitu urgensinya semoga kita berhati-hati ketika mengucapkan janji, bahkan kita dihentikan untuk berjanji tanpa diikuti dengan InsyaAllah. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu menepati komitmen yaa, alasannya ialah orang yang tidak menepati komitmen ialah ciri-ciri orang-orang munafik.

Contoh Perilaku Menepati Janji Dilingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga ialah lingkungan yang paling bersahabat dengan kita, semenjak kecil kita didik oleh kedua orang tua. Sejak kecil juga kita telah hidup dan tinggal bersama kakak, adik, ayah dan ibu. Nah berikut ialah contoh-contoh sikap menepati komitmen di lingkungan keluarga :

1. Menepati apa yang telah kita janjikan kepada orang tua, adik atau kakak. 
Misal : 
  • Menepati komitmen untuk membelikan adik es krim.
  • Menepati komitmen untuk mengantar abang belanja
  • Menepati komitmen untuk membantu orang bau tanah mencuci piring
  • Berusaha menepati komitmen untuk tidak berbohong.
2. Mengajarkan atau menunjukkan teladan kepada adik dengan menepati komitmen apa yang telah kita ucapkan.
3. Selalu berhati-hati ketika berjanji dan diikuti dengan InsyaAllah.
4. Tidak berbohong kepada anggota keluarga yang lain.
5. Selalu berusaha disiplin terhadap diri sendiri ketika di rumah, mirip : melakukan kiprah yang diperintahkan (menyapu, mencuci piring, menyiram tanaman dll).
6. Patuh dan taat terhadap perintah orang bau tanah walaupun orang bau tanah tidak melihat.
7. Selalu berusaha sekuat tenaga untuk menepati janji.
8. Berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab dengan apa yang kita katakan.
9. Tidak segan untuk meminta maaf apabila kita terlanjur tidak menepati komitmen kepada adik maupun kakak.
10. Menyadari pentingnya menepati komitmen kepada anggota keluarga yang lain.
11. Melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diperitahkan oleh orang bau tanah dan mengedepankan kejujuran.

Contoh Perilaku Menepati Janji Di Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah ialah daerah kita berinteraksi kepada Bapak/Ibu Guru serta teman-teman sesama siswa. Berikut ini ialah contoh sikap menepati komitmen di Lingkungan Sekolah

1. Menaati tata tertib sekolah, alasannya ialah salah satu komitmen seorang siswa ialah taat terhadap peraturan sekolah.
2. Taat dan sopan terhadap Bapak/Ibu Guru.
3. Senantiasa berguru alasannya ialah kiprah seorang siswa ialah belajar. 
4. Tidak membolos sekolah alasannya ialah sudah berjanji terhadap orang bau tanah bahwa akan ke sekolah.
5. Berusaha menepati komitmen atas janji-janji kita kepada sesama sobat di sekolah.
6. Tidak mengingkari komitmen dan berkata dusta kepada sesama sobat di sekolah.
7. Berusaha menjadi siswa yang bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan dan kita katakan di sekolah.
8. Menyadari pentingnya menepati komitmen terhadap sesama siswa.
9. Mengerjakan ujian secara jujur atau tanpa mecontek, sebagai siswa sudah berjanji dan menyadari bahwa mecontek ialah perbuatan yang tidak diperbolehkan.

Contoh Perilaku Menepati Janji di Lingkungan Masyarakat

Selain sebagai anggota keluarga dan siswa, kita juga merupakan anggota masyarakat. Kita harus selalu berusaha menjadi anggota masyarakat yang mengedepankan kejujuran dan selalu menepati janji. Berikut ini ialah beberapa contoh sikap menepati komitmen di lingkungan masyarakat : 
1. Selalu menjaga norma kesopanan dan kesusilaan ditengah masyarakat, alasannya ialah itu ialah kewajiban setiap masyarakat.
2. Rajin untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sosial mirip kerja bakti, bahu-membahu atau lain-lain.
3. Tidak berkata dusta dan mengumbar janji-janji kepada sesama anggota masyarakat.
4. Taat dan patuh terhadap peraturan di masyarakat sekitar.
5. Selalu berusaha menepati janji-janji terhadap sesama anggota masyarakat yang lain.

Baca juga : Pengertian dan pola sikap gadab (marah)

Kurang lebih itu ialah contoh-contoh sikap menepati janji di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Jangan lupa share artikel ini dan baca artikel yang lain yaa, terimakasih !!. 
banner
Previous Post
Next Post