Wednesday 9 October 2019

Dalil Perintah Sholat Jum'at Dalam Al Qur'an

Dalil Perintah Shalat Jum'at dalam Al Qur'an - Shalat jum'at yaitu shalat yang wajib dilaksanakan oleh para kaum adam, di dirikan setiap hari jum'at pada waktu sama ibarat sholat dzuhur.

Bedanya sholat jum'at lebih kompleks dan dilakukan secara gotong royong dalam satu waktu, serta harus secara berjamaah. Berbeda dengan sholat dzuhur yang boleh dikerjakan secara sendiri (munfarid). 

Kalau sholat jum'at tidak bisa, alasannya didalamnya ada rukun dua khutbah dan sholatnya pun hanya dua rekaat. Lalu definisi dari sholat jum'at apa sih?
at yaitu shalat yang wajib dilaksanakan oleh para kaum adam Dalil Perintah Sholat Jum'at dalam Al Qur'an
Sholat Berjamaah

Pengertian Sholat Jum'at

Sholat jum'at yaitu sholat dua rekaat yang dilaksanakan secara berjamaah pada waktu sholat dzuhur di hari jum'at, serta dilakukan sesudah dua khotbah.

Hukum sholat jum'at yaitu fardhu 'ain alias wajib untuk dilaksanakan bagi kaum laki-laki, bahkan dalam sebuah hadits dikatakan bahwa orang yang sengaja tidak sholat jum'at 3 kali berturut-turut dan dengan disengaja maka ia sudah keluar dari Islam.

Seperti dalam pengertian diatas, sholat jum'at dilakukan secara berjamaah, dan tidak dapat dilakukan secara sendiri-sendiri. Sholat jum'at juga ada rukun-rukunnya dari mulai mengucap salam, adzan hingga rukun khutbah jum'at juga ada, terus hingga pada sholat jum;atnya yang terdiri dari dua rekaat. 

Dalil Perintah Sholat Jum'at dalam Al Qur'an


Dalil perintah wacana sholat jum'at ada pada Qur'an Surah Al-Jumu'ah yang merupakan surah ke 62, pada ayat yang ke 9. Yang artinya yaitu sebagai berikut : 

“ Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat di hari Jumat, maka bersegeralah kau kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli.” (Q.S. al-Jumu’ah/62: 9)

Sudah tahu kan wacana dalil perintah sholat jum'at dalam AL-Qur'an, selanjutnya akan kita bahas wacana hukum dan tata cara pelaksanaan sholat jum'at.
banner
Previous Post
Next Post