Thursday 3 October 2019

Panas Inti Bumi Samai Atmosfer Matahari

Sebenarnya berapakah panas inti bumi ?

Bagian terpanas Bumi pastinya yakni inti Bumi. Semula inti Bumi diprediksi mempunyai panas 5000 derajat celcius, namun ternyata penelitian terkini menyebutkan bahwa inti Bumi lebih panas dari itu. Menurut studi terkini diketahui bahwa inti Bumi bahkan dapat melehkan besi dengan cepat menurut uji x-ray. Diketahui panasnya diperkirakan pada kisaran 6.000 derajat celcius.
baca juga : Seberapa Tuakah Bumi yang Kita Tinggali ini ?

Bagian terpanas Bumi pastinya yakni inti Bumi Panas Inti Bumi Samai Atmosfer MatahariAtmosfer Matahari diketahui mempunyai suhu efektif pada kisaran 5.504,9 derajat celcius.  Dari sini diketahui bahwa panas inti Bumi bahkan melebihi panas atmosfer Matahari.

Para peneliti yang berasal dari Pusat Penelitian Ilmiah Prancis (CNRS), organisasi riset teknologi Prancis (CEA), dan European Synchrotron Radiation Facility (ESRF) di Grenoble Prancis itu memakai model geofisika yang menawarkan perbedaan temperatur antara lapisan padat inti Bumi dengan lapisan di atasnya. Perbedaan suhu tersebut mencapai 1.500 derajat celcius dan seiring rotasi bumi menghasilkan medan magnetic bumi.



Dalam riset laboratoriumnya, para peneliti mengamati titik leleh besi pada banyak sekali tekanan untuk memilih citra akurat perihal temperature inti Bumi. Dari pengukuran tersebut diketahui  bahwa titik leleh besi ada pada kisaran 4.800 derajat celcius dengan tekanan 2,2 juta kali lebih besar dari tekanan di atas permukaan maritim Bumi.

semoga bermanfaat. tolong like dan follownya +Google+






banner
Previous Post
Next Post