Thursday 19 December 2019

Grand Syekh Azhar: Terorisme Yaitu Penyakit Intelektual Dan Mental

Syekh Ahmad Thayyib


Kmamesir.org. 23/11/2015. Grand Syekh Al Azhar Dr. Ahmad Thayyib dalam sambutannya pada pertemuan Majlis Hukama’ Muslimin mengecam agresi terorisme yang baru-baru ini terjadi di Lebanon, Perancis, dan Mali.


Beliau juga menyampaikan dalam pertemuan yang diadakan pada Sabtu pagi, 21 November di Masyikhah Al Azhar tersebut bahwa terorisme itu tidak semestinya kita kaitkan dengan salah satu agama samawi, lantaran terorisme itu ialah penyakit intelektual dan mental. Bukan bersumber dari agama dan bukan merupakan identitas agama.

Terorisme ini selalu mencari pembenaran terhadap prilakunya pada teks-teks agama. Dan faktor-faktornya bukan hanya disebabkan pada penyimpangan agama, akan tetapi kebanyakan terorisme itu lahir dari permasalahan sosial, ekonomi dan bahkan politik.

Imam Akbar juga mengecam apa yang telah dilakukan beberapa elemen di barat atas pembakaran Alquran dan rumah Allah. Beliau menekankan bahwa tindakan tersebut ialah referensi lain dari terorisme dengan standar apapun, bahkan tindakan tersebut sejatinya menjadi materi bakar bagi anutan terorisme. 

Beliau juga mengupayakan pencegahan berkembangnya ideologi teroris melalui sistem yang terintegrasi mencakup pendidikan, budaya, pemuda, media dan wacana keagamaan yang menggambarkan hakikat ihwal Islam dan Syariah.


Di tamat pembicaraannya ia mengumumkan bahwa akan mengirim 16 kafilah perdamaian di seluruh dunia untuk membuatkan budaya kedamaian dan meluruskan pemahaman-pemahaman yang salah.[]

Rizki Aulia


Sumber: http://www.azhar.eg


banner
Previous Post
Next Post