Sunday 24 November 2019

Pertama Dalam Sejarah, Al-Azhar Meriahkan Pameran Buku Internasional Kairo Ke-48

Foto: fanspage Pusat Terjemah Al-Azhar

Kmamesir.org. 5/2/2017. Festival Buku Internasional kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, selain alasannya yaitu harga buku yang kian melonjak tinggi, Al-Azhar juga ikut berpartisipasi meriahkan pameran tahun ini. Stand Al-Azhar terdapat di Hall 4, Stand 4.

Kehadiran Al-Azhar dengan mendirikan stand khusus dalam pameran kali ini merupakan yang pertama kalinya semenjak puluhan kali Book Fair dihelat di Kairo. Dalam pameran kali ini Al-Azhar sangat gencar mempromosikan lembaga-lembaga independen barunya, semisal: Al-Azhar Centre for Translation (ACT), Al-Azhar Observer dan lain sebagainya.

Stand Al-Azhar terbagi dua, satu dipakai untuk ruang nadwah (seminar), dan yang lainnya untuk mempromosikan buku-buku Al-Azhar baik yang diterbitkan eksklusif oleh forum tersebut maupun melalui anak lembaganya seperti: ACT, Majalah Al-Azhar, Al-Azhar Observer dan lain sebagainya.

Selama dua ahad perhelatan festival, Al-Azhar mengadakan beberapa seminar ihwal manhaj Al-Azhar serta pengenalan lembaga-lembaga yang berada di bawah Al-Azhar. Salah satu seminar tersebut memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Jadwal setiap seminar sanggup diambil eksklusif di stand resmi Al-Azhar yang dibagikan secara gratis.

Ruang seminar tersebut juga dilengkapi dengan layar proyektor panjang yang dipakai untuk menampilkan panorama Al-Azhar. Panorama ini merupakan proyeksi bergambar yang menceritakan Al-Azhar Jami’an (Masjid) dan Jami’atan (Universitas) secara ringkas.

Stand Al-Azhar tampak dipadati pengunjung setiap harinya, terutama kalangan akademisi dan pelajar. Selain untuk mengikuti seminar atau sekedar melihat panorama yang diputar setiap hari, mereka tampak memadati stand buku ACT demi mendapat buku gratis hasil terjemahan tim ACT. 


Mahasiswa tampak memadati stand Al-Azhar Centre for Translation


Buku-buku tersebut hadir dalam banyak bahasa: Inggris, Prancis, Persia, Urdu, Ibrani, Turki, Italia, bahkan bahasa Indonesia. Setiap orang diberikan satu buku secara gratis sehabis menuliskan nama, nomor telepon dan email.

“Buku ini gratis untuk kalian dengan syarat menuliskan nama dan nomor telepon. Sayangnya versi Indonesianya sedang kehabisan stok, insya Allah hari Senin atau Rabu nanti sudah tersedia,” ucap penjaga stand ACT kepada kmamesir.org, Sabtu (4/2).

Selain itu terdapat juga kumpulan buku murah berkualitas karya ulama Al-Azhar yang diobral dengan harga miring, hanya 14 le. Sebagai seorang Azhari rugi rasanya kalau tidak mendatangi stand tersebut. Festival ini akan ditutup secara resmi ahad depan. (TRAH)


banner
Previous Post
Next Post