Friday 11 October 2019

Ayat Al-Qur'an Dan Hadits Ihwal Menjaga Amanah

Assalamu'alaikum guys, kali ini pengertian amanah, dalil dan macam-macam sikap amanah. Yang mana amanah sanggup diartikan sebagai sanggup mendapatkan amanah atau terpercaya.

Kalau kita kaitkan dengan sikap seseorang maka amanah sangat penting, mengartikan bahwa seseorang tersebut sanggup mendapatkan amanah atau tidak, jika diberi amanah bakal tanggung jawab atau tidak, misal diberi kepercayaan sanggup setiap atau mengingkari.

Bila kita kaitkan dengan sosok pemimpin, maka amanah itu menjadi wajib dan tolok ukur dirinya selama menjabat. Selama menjabat apakah melaksanakan tugasnya dengan baik, amanah atau tidak, janjinya ditepati atau tidak, atau malah menyelewengkan sesuatu yang bukan haknya?

an dan Hadits yang berisi wacana menjaga Amanah Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah
Menjaga Amanah

Nah, kita sebagai insan jika sanggup ya harus amanah, alasannya amanah ini mengorbankan kepercayaan. Sekali kita melanggar kesepakatan atau tidak amanah, maka akan sangat sulit seseorang untuk percaya lagi dengan kita. Amanah tidak hanya pada seseama manusia, tetapi amanah juga terhadap Allah swt yang artinya kita melaksanakan sesuatu di dunia ini atas dasar perintah Allah swt, kita juga tidak melaksanakan sesuatu alasannya adanya larangan Allah swt. 

Amanah ada juga yang terhadap diri sendiri, maksudnya bagaimana? Tubuh kita juga mempunyai hak yang harus kita penuhi menyerupai makan, istirahat, bersih-bersih dan lain sebagainya. Otak kita juga perlu di refresh, hati kita perlu dibersihkan. Nah itu semua perlu dilakukan biar badan kita terjadi keseimbangan.

Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah


Oke sudah cukup intronya, sekarang saatnya kita melihat ayat AL-Qur'an dan Hadit wacana menjaga amanah. Let's go :

“Dan janganlah kau campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kau sembunyikan kebenaran, sedangkan kau mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42)
”Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kau mengetahui.” (Q.S. al-Anfal/8: 27)
“Sesungguhnya Allah Swt. menyuruh kau untuk memberikan amanah kepada yang berhak menerimanya... . ” (Q.S. an-Nisa’/4: 58)
“Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya . ”(Q.S. al-Mu’minμn/23: 8)
Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya insan itu amat zalim dan amat  (Q.S. Al-Ahzab : 72).

Dan janganlah kau merugikan insan pada hak-haknya dan janganlah kau merajalela di muka bumi dengan menciptakan kerusakan; (Q.S. Asy-Syu'ara' Ayat 183)
“Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda:“Setiap kalian ialah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang kepala negara ialah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya...” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Demikian ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah, semoga sanggup bermanfaat dan terimakasih.
banner
Previous Post
Next Post