Friday 11 October 2019

Website Kma Mesir Dan Buletin El-Asyi Adakan Training Jurnalistik Bagi Kru Baru

Tgk. Fikri Aslami sedang menunjukkan bahan jurnalistik. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (1/3/2019). Website dan Buletin el-Asyi mengadakan training jurnalistik bagi kru gres pada Minggu, (24/2), di Meuligoe KMA, Hayy Asyr, Madinat Nasr, Kairo. 

Pelatihan jurnalistik ini dilakukan untuk memperkenalkan kru gres perihal dunia jurnalistik dan media pemberitaan di KMA Mesir. Pelatihan ini sudah berlangsung dua kali pertemuan dari lima pertemuan yang direncanakan. Pematerinya diisi eksklusif oleh penulis dan editor senior website KMA Mesir maupun buletin el-Asyi.


Pertemuan pertama berlangsung pada Jumat, (15/2), perihal "Pengenalan Jurnalistik dan Non-Fiksi" oleh Fikri Aslami, yang juga pernah menjabat sebagai kepala sekolah menulis KMA pada tahun 2016. Adapun pertemuan kedua seputar "Cara Praktis Menulis HardNews" oleh Farhan Jihadi, editor website KMA Mesir. 

Dalam training ini, selain para penerima diperkenalkan dengan dunia jurnalistik, ibarat jenis-jenis media, serta info yang biasa ditulis oleh wartawan, para penerima juga dituntut untuk aktif dengan mengajukan pertanyaan juga diberi kiprah menciptakan pola info sebagai tolak ukur sejauh mana pengetahuan para penerima mengenai dunia jurnalistik. 

Farhan Jihadi mengenalkan cara penulisan sebuah info hard news. (Foto: Dok. KMA Mesir)
"Tidak semua kejadian layak diberitakan. Tidak pula semua hal harus disampaikan. Ada kriteria dan prinsip jurnalistik yang perlu diperhatikan, sehingga naskah info yang dihasilkan memang benar-benar bernilai tinggi. Selaku wartawan yang mencari informasi harus bijak dalam menyaring berita-berita yang didapatkan sehingga tidak melanggar instruksi etik jurnalistik dan selalu mengedepankan disiplin verifikasi, sehingga info itu benar-benar layak untuk disebarkan pada khalayak ramai," kata Farhan jihadi.[] 

Deffa Cahyana Harist
banner
Previous Post
Next Post