Friday 11 October 2019

Pengertian Dan Pentingnya Perilaku Jujur

Selamat tiba guys di blog pengertian dan pentingnya sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. 

Jujur ialah salah satu huruf yang sangat penting, bahkan harus dimiliki oleh semua orang. Jujur ini biasanya terbentuk semenjak dini, huruf yang menempel pada diri seseorang. Jujur sangatlah penting alasannya ialah dengan jujur semua akan lebih indah, bayangkan saja aneka macam kerusakan sanggup terjadi alasannya ialah ketidak kejujuran seseorang.

Misal saja pada pejabat yang tidak jujur alis korupsi, tentu saja ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Contoh lain contohnya ada pedagang yang tidak jujur, siapa yang dirugikan? Ya, pembeli. 

Perilaku tidak jujur pada mitra pun sanggup jadi berujung pada pertengkaran. Bahkan tidak jujur pada diri sendiri juga akan mengakibatkan permasalahan gres dan tidak baik untuk diri kita.
 yang akan selalu membahas seputar dunia pendidikan Pengertian dan Pentingnya Sikap Jujur
sumber : startupist.com

Apa sih jujur itu?

Pengertian Jujur ialah sikap dimana apa yang kita lakukan, apa yang kita katakan, apa yang kita rasakan sesuai dengan yang seharusnya terjadi. Misal, yang terjadi A ya kita ngomongnya A. Jujur juga sanggup dikatakan menempatkan sesuatu pada kawasan yang seharusnya. Jujur ialah tidak berbohong, apa adanya dan tidak memanipulasi demi kepentingan pribadi. Jujur ialah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.

Pentingnya Perilaku Jujur

Perilaku jujur sangat penting untuk kita lakukan, walaupun jujur itu bukan masalah yang gampang namun bukan masalah yang sulit juga. Tinggal akad dan hati nurani kita saja yang perlu dikuatkan. Untuk membuat keharmonisan dan keseimbangan dalam kehidupan, kita memerlukan kejujuran sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, dizhalimi dan dicurangi akhir adanya kedustaan yang merupakan lawan dari kejujuran.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa jujur itu mendatangkan kebaikan dan membawa seseorang kedalam surga. Berikut hadits nya :

 yang akan selalu membahas seputar dunia pendidikan Pengertian dan Pentingnya Sikap Jujur

“Dari Abdullah ibn Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga...” (H.R. Bukhari)

Ada yang menyampaikan bahwa "jujur itu mahal", memang benar, alasannya ialah tidak semua orang mempunyai sifat kejujuran. Hanya orang-orang yang mempunyai akad tinggi yang sanggup bersikap jujur dalam segal hal. Kejujuran itu menghasilkan sebuah kepercayaan, misal kita bekerja secara jujur maka seseorang sanggup percaya kepada kita.

Sebaliknya kedustaan akan menghancurkan kepercayaan, satu kali saja dusta akan membuat seseorang susah percaya lagi dengan yang kita ucapkan atau lakukan. Kejujuran juga merupakan cuilan dari adat islam. Maka dari itu sebagai seorang muslim, marilah kita selalu bersikap jujur dan apa adanya. Terakhir ada ayat Al-Qur'an perihal sikap jujur. Allah swt berfirman : 

 yang akan selalu membahas seputar dunia pendidikan Pengertian dan Pentingnya Sikap Jujur

“Dan janganlah kau campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kau sembunyikan kebenaran, sedangkan kau mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42).

Demikian artikel perihal pengertian dan pentingnya sikap jujur, terimakasih sudah support website kami dengan share artikel ini.

banner
Previous Post
Next Post