Friday 11 October 2019

Ayat Al-Qur'an Dan Hadits Perihal Jujur

Selamat tiba di Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bahwa jujur yaitu sikap dan aksara yang dimiliki orang, jujur membawa kebaikan dan membawa kita ke surga. Betapa pentingnya jujur ini kita lakukan, lantaran jujur akan berbuah pada kepercayaan dan diharapkan dalam membuat keharmonisan dan keseimbangan kehidupan.

Berbanding terbalik dengan berbicara dusta yang mengakibatkan ketidakpercayaan dan merugikan aneka macam pihak. Kita sanggup mengambil referensi jawaban berkata dusta, misal saja ada penjual yang tidak jujur. Maka dengan perilakunya tersebut sanggup mengakibatkan kerugian pada pembeli, artinya disitu ada yang dirugikan dan dizalimi. 

Orang yang jujur akan menerima tiga keuataman, yaitu kepercayaan, cinta dan rasa hormat. Cinta lantaran orang jujur akan disukai oleh banyak orang, dan mendatangkan cinta dan kasih sayang. Rasa hormat berarti semacam rasa terimakasih lantaran bersikap jujur dan tidak berdusta.

Maka dari itu kejujuran sangat lah penting. Belum lagi kepercayaan yang hancur jawaban ketidakjujuran. Jujur itu mahal menyerupai kepercayaan yang mahal, sekali kepercayaan itu hancur dan dikecewakan maka akan sulit untuk percaya lagi. Begitulah pentingnya kejujuran.

 Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bahwa jujur yaitu sikap dan aksara yang dimil Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur
sumber : startupist.com
Jujur adalah kepingan dari etika Islam, lantaran islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berkata benar. Orang yang memperjuangkan kebenaran akan menerima pahala dari Allah selayaknya orang yang berbohong menerima dosa.

Dalam salah satu hadits dibawah ini disebutkan bahwa berperilaku jujur akan mendatangkan kebaikan dan mengantarkankan kita ke surganya Allah swt. Jujur tidak hanya pada sesama saja, tapi juga sama diri sendiri. Karena berbohong dengan diri sendiri itu suatu yang menyakitkan. 

Dalam sebuah hubungan percintaan pun diharapkan kejujuran biar tidak ada pihak yang tersakiti, dengan bersikap jujur akan terjalin hubungan yang serasi dan membahagiakan.  

Nah itu sekilas ihwal keutamaan bersikap jujur, baca juga artikel yang kemarin kita bahas di : Pengertian Jujur dan Pentingnya Sikap Jujur

Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur

 Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bahwa jujur yaitu sikap dan aksara yang dimil Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur
“Dan janganlah kau campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kau sembunyikan kebenaran, sedangkan kau mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42).

"Hai sekalian orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan jadilah kau bersama orang-orang yang benar. (Q.S. At-Taubah ayat 119).
 Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bahwa jujur yaitu sikap dan aksara yang dimil Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur
“Dari Abdullah ibn Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga...” (H.R. Bukhari)
Abu Chalid (Hakim) bin Hizam r.a. berkata : Bersabda Rasulullah SAW : Penjual dan pembeli keduanya bebas belum terikat, selagi mereka belum berpisah. Maka bila benar dan terang keduanya, diberkahi jual beli itu, tetapi bila menyembunyikan dan berdusta maka terhakus berkah dari jual beli itu. (H.R. Bukhari, Muslim).
Demikian beberapa ayat Al-Qur'an dan Hadits ihwal Jujur, semoga sanggup bermanfaat dan terimakasih.

banner
Previous Post
Next Post