Friday 11 October 2019

Media Kma Hadirkan Mantan Kepala Sekolah Menulis Jadi Pemateri Pembinaan Kru Gres

Tgk. Muhibbussabri menjelaskan bahan kepada kru gres media KMA. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org (4/3/2019). Media , Kmamesir.org dan buletin el-Asyi kembali mengadakan training ketiga di meuligoe KMA, Madinat Nasr. KMA menghadirkan Tgk. Muhibbussabri Hamid, mantan Kepala Sekolah menulis KMA, Minggu (13/3). 

Pelatihan yakni untuk menyebarkan dan mengarahkan talenta kru gres media KMA. Namun, kali ini pemateri lebih mengarahkan pada motivasi dan pengenalan dasar dari banyak sekali penulisan nonfiksi, menyerupai penulisan tajuk rencana, artikel, feature, kolom, esai, opini dan lain-lain. 

Menurut Tgk. Muhibbussabri Hamid, hal umum yang harus diketahui oleh setiap pemula, yakni mengetahui identifikasi dari makna kepenulisan. Banyak dari sekian pemula yang membaca istilah-istilah artikel, opini, dan esai. Namun sangat disayangkan, mereka tidak memahaminya. Bahkan semakin banyak membaca buku-buku kepenulisan, semakin galau dalam pemaknaannya. 

Pelatihan berlangsung dengan sangat khidmat. Materi disampaikan pun dengan santai, gampang dimengerti dan sering terselipkan canda tawa. "Hal terpenting harus kalian ketahui yakni pemaknaannya (artikel). Setelah itu, kuasai kepenulisannya". Begitulah pesan dia yang sering diulang-ulang.


Dalam penyampaian materinya, dia lebih bahagia untuk menjawab pertanyaan daripada hanya menguraikan klarifikasi dengan panjang. Namun, akseptor tidak aktif dalam pelatihan. Dirinya juga memotivasi akseptor biar selalu aktif dan semangat dalam menulis. 

"Menulis itu tidak harus mempunyai laptop, asal kalian punya kemauan niscaya ada jalan solusi untuk menulis," katanya dipenghujung materi.[]

Muhammad Farhan
banner
Previous Post
Next Post