Friday 11 October 2019

Hikmah Amanah Dan Penerapan Amanah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Halo guys, terimakasih sudah tiba di web hikmah amanah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Amanah yaitu sikap sanggup mengemban amanah atau terpercaya, amanah juga bisa diperoleh dari sikap jujur yang kemarin kita bahas. Amanah berarti bertanggung jawab dengan apa yang telah dibebankan dan disepakati olehnya.

Amanah ada 3 macam yaitu amanah terhadap Allah, amanah terhadap sesama insan dan amanah terhadap diri sendiri. Amanah terhadap Allah berarti kita menjadi seorang hamba yang sesuai dengan Allah inginkan, dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa kita diciptakan di muka bumi ini tidak lain hanya untuk beribadah kepada Allah swt. Maka setiap kegiatan dan acara kita sehari-hari, kita niatkan alasannya yaitu Allah supaya bernilai ibadah.

Amanah terhadap sesama berarti kita bertanggung jawab dan tidak ingkar akad dengan apa yang dijanjikan. Misal saja kita diberi amanah untuk memberikan pesan ke seseorang, kemudian kita meng iyakan. Maka kita sebisanya memberikan ke seseorang sesuai dengan perintah tadi alasannya yaitu kita sudah mengiyakan. Misal kita tidak bisa yaa lebih baik dari awal kita ngomong tidak mampu, atau misal memang tidak bisa kita kemudian minta maaf pada pengirim pesan.

Amanah pada sesama juga bisa berbentuk sebagai kiprah seorang pemimpin yang mempunyai amanah memimpin masyarakat atau kelompok tertentu, menyerupai pejabat, RT, RW, Dukuh, Lurah, Camat, Bupati, Gubernur dan lain sebagainya.

Sedangkan amanah terhadap diri sendiri mempunyai arti kita memperlihatkan hak-hak badan kita sebaik-baiknya, dari mulai nutrisi, kebutuhan tidur, olahraga dan lain-lain.

Itu yaitu macam-macam amanah yang bisa kau lihat dalam artikel macam-macam amanah. Menjadi amanah apa untungnya sih? Banyak nasihat yang bisa kita peroleh dari sikap amanah, diantaranya yaitu dipercaya oleh sahabat dan kerabat. Selengkapnya simak artikel berikut :
 Pada kesempatan kali ini akan saya share wacana  Hikmah Amanah dan Penerapan Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari
Amanah

Hikmah Perilaku Amanah

a. Dipercaya orang lain : Orang yang selalu memegang amanah akan dipercaya oleh orang lain. Dan dipercaya orang lain ini yaitu salah modal utama dalam bergaul dan berbisnis.
b. Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik mitra maupun lawan.
c. Rizky lancar : Bila kita selalu amanah, maka akan banyak peluang dan penawaran dari teman, kerabat dkk.
d. Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.
e. Semua urusan terasa lebih mudah, iya bila kita amanah maka kita akan gampang bila bertanya, atau meminta tolong pada sesama. Bila kita kesulitan pun akan ditolong oleh Allah melalui orang yang disekitar kita.

Baca juga : Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Amanah

Perilaku dan Penerapan Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan mengetahui aneka macam nasihat diatas, maka sebisanya kita harus menerapkan sikap amanah dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya? Berikut ini contohnya, kau masih bisa mengembangkannya sendiri :

a. Menjaga titipan dan mengembalikannya menyerupai keadaan semula.
b. Menjaga rahasia. Bila ada orang yang curhat atau kisah dengan kita, maka kita harus pandai-pandai merahasiakannya. Apalagi jikalau ceritanya secara personal dan tidak pantas unduk dipublikasikan.
c. Tidak menyalahgunakan jabatan. Bila kita menjabat sebagai pegawai atau karyawan, harus bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan jobs desknya. Dan jangan hingga menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi, pola bentuk penyalahgunaan yaitu korupsi, tidak obyektif, suap dll.
d. Memelihara semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt.
Nikmat yang kita dapatkan yaitu amanah dari Allah swt, sebisanya kita memakai untuk kebaikan. Nikmatnya sanggup berupa umur, kesehatan, anak, harta dll.
banner
Previous Post
Next Post